Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan kuantitas dan kualitas pendidikan serta pemahaman ilmu pengetahuan dan teknologi suatu bangsa akan mempengaruhi kebesaran dan kualitas bangsa tersebut.

"Kualitas pendidikan dan pemahaman akan ilmu pengetahuan dan Teknologi perannya sangat besar dan menentukan kemajuan satu bangsa.  Ini sangat penting untuk dipahami seluruh rakyat Indonesia agar kualitas pendidikannya betul-betul diperhatikan," katanya dalam pidato ilmiah di Institut Teknologi Sumatera, Lampung, seperti dilansir keterangan tertulisnya, Kamis.

Zulkifli menilai, dengan pemahaman ilmu pengetahuan dan teknologi yang baik, akan terlahir inovasi-inovasi, penemuan-penemuan yang bisa meningkatkan kesejahteraan bangsa.

Menurut dia, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga harus dibarengi dengan saling percaya. Rakyat percaya sesama rakyat, rakyat percaya dengan pemerintah dan sebaliknya.

"Jika dua elemen ini terjadi di Indonesia maka saya percaya Indonesia akan menjadi negara maju dan bisa bersaing dengan negara manapun," kata Zulkifli.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016