London (ANTARA News) - Tepat pada Sabtu pekan ini, Juergen Klopp tepat setahun membesut Liverpool. Manajer berpaspor Jerman ini disebut-sebut mampu membawa perubahan bermakna bagi penampilan The Reds.

Berikut 10 kutipan top yang dikemukakan oleh Klopp sebagaimana dikutip dari laman Football 365.

10. Ketika kalah di final Liga Champions 2013, ia mengemukakan, "Satu hal yang saya dapat katakan bahwa kekalahan itu begitu dahsyat. London merupakan kota penyelenggara Olimpiade. Cuacanya nyaman, segala sesuatunya OK, hanya saja hasil pertandingan ini benar-benar sial."

9. Ketika menjalani hari yang sarat dengan pertandingan, ia mengemukakan, "Saya tidak pernah menangguk sukses dengan membawa segala apa yang terjadi di lapangan ke dalam pikiran. Saya berpengalaman menangani tim dari divisi lima, dan bercita-cita sampai ke Bundesliga. Hasilnya, karier saya sampai justru di divis kedua."

8. Meraih sekurangnya-kurangnya satu trofi dalam empat tahun di Liverpool, ia mengatakan, "Ketika saya melatih di sini selama empat tahun, maka saya akan mengatakan bahwa kami meraih satu gelar. Jika saya gagal, maka saya berada dan bertempat tinggal di  Switzerland."

7. Menjawab rumor yang beredar mengenai Mats Hummels ke Manchester United, ia menyatakan, "Jika saja rumor itu bukan omong kosong belaka, maka saya akan makan batang sapu."

6. Mengenai Bayer Muenchen, ia mengatakan, "Kami punya panah dan busur serta kami siap menggunakan untuk membidik target. Masalahnya, Bayern punya bazooka. Meskipun kemudian Robin Hood siap meraih sukses."

5. Mengenai penampilan Dortmund yang memprihatinkan pada 2014, ia menyebutkan, "Berita terbaik hari ini bahwa sepak bola berakhir pada 2014, lantaran kami sekarang menerima kritik. Kami berdiri di sini seperti kelompok orang idiot."

4. Ketika mengalahkan Bayern Muenchen 5-2 di final Piala Jerman 2012, ia mengatakan, "Hasil pertandingan itu sedikit lebih menghangatkan suasana."

3. Ketika melawan Bayern Muenchen lagi, ia menyatakan, "Pada suatu saat, mereka layaknya warga China yang berada di dunia bisnis. Mereka sudah mendapatkan apa yang mereka lakukan selama ini. Ini lebih dari sekedar uang."

2. Pendapatnya mengenai Arsene Wenger, ia mengatakan, "Ia suka memeragakan teknik penguasaan bola yang mumpuni. Hal itu seperti orkestra, meski hanya nyanyian yang sunyi. Saya suka musik heavy metal."

1. Mengenai istrinya, ia berpendapat, "Ia menulis sebuah buku cerita anak-anak, seperti Harry Potter, tetapi tentang sepak bola. Tidak ada Harry Potter yang terbang dengan sapu ajaibnya, karena ini mengenai sepak bola." 

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016