Manado (ANTARA News) - Malam penganugerahan Apresiasi Film Indonesia (AFI) tahun 2016 yang dilaksanakan di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) 8 Oktober mendatang akan menghadirkan ratusan artis dan sineas nasional.

"Sulut telah siap menyambut ratusan artis nasional yang akan berpartisipasi dalam iven ini (AFI)," kata Ketua dan Wakil Ketua Panitia Lokal Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan dan Wakil Ketua Kartika Devi Kandouw-Tanos di Manado, Jumat.

Menurut keduanya, berbagai persiapan terus dikoordinasikan sehingga penyelenggaraan nominasi AFI ini berjalan sesuai harapan.

"Mohon dukungan semua pihak termasuk masyarakat agar menciptakan suasana aman sehingga memberikan jaminan rasa nyaman bagi insan perfilman Indonesia ini," harap mereka.

Sementara itu Ketua Harian AFI 2016 Fanny Legoh mengatakan artis-artis sudah menyatakan kesediaannya kepada panitia menghadiri acara ini.

"Sejumlah artis akan tiba sebelum hari pelaksanaannya akan melibatkan diri dalam sejumlah kegiatan pra AFI di antaranya mengunjungi sekolah-sekolah," ujarnya.

Legoh memastikan panitia sudah siap menghelat acara itu. "Semua sudah siap, dari penginapan, transportasi hingga tempat penyelenggaraan kegiatan," kata dia.

Pada malam nominasi Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016 yang dilaksanakan akhir September lalu di Manado, menetapkan 81 nominator.

Nama-nama yang masuk nominasi tersebut dibagi ke dalam dua kategori, yaitu kategori penghargaan utama dan kategori penghargaan khusus yang memperebutkan 19 penghargaan.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016