Jakarta (ANTARA News)  - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sebagai anggota Asian Organization Of Supreme Audit Institutions (ASOSAI) ditunjuk sebagai tuan rumah pada acara Audit Review Meeting, IDI-ASOSAI 3i Cooperative Audit Programme on Audit of Disaster Management (audit manajemen bencana) yang berlangsung pada 10-14 Oktober 2016 di Pusdiklat BPK RI Kalibata, Jakarta.

Pertemuan tersebut dibuka oleh Ketua BPK RI Harry Azhar Azis dan dihadiri oleh Program Manager INTOSAI Development Initiative (IDI) Shofiqul Islam, Capacity Development Administrator ASOSAI Takayo Nato, tujuh orang resource person serta 48 peserta yang berasal dari 17 negara, sementara sebagai keynote speech berasal dari perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Ini merupakan program review sekaligus latihan. Sebenernya juga kita sudah melakukan audit waktu bencana Tsunami di Aceh tahun 2004, yang itu salah satunya mendorong pembuatan undang-undang tentang bencana tahun 2007," ujar Harry di Jakarta, Senin.

Menurut Harry, dalam pelaksanaan audit terhadap manajemen bencana, proses administrasi serta laporan keuangannya dapat disampaikan belakangan selama sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.

Ia menekankan, penanganan terhadap korban bencana lebih diutamakan, sedangkan akuntabilitas laporan keuangan manajemen bencananya sendiri bisa menyusul.

"Tidak perlu semuanya harus melalui proses administratif baru kemudian selamatkan manusia yang kena bencana, bisa-bisa sudah mati duluan nanti," ujarnya.

ISSAI Implementation Initiative (3i) Cooperative Audit Programme on Audit of Disaster Management diluncurkan oleh IDI ASOSAI untuk menjawab kebutuhan anggota ASOSAI akan dukungan pengembangan kapasitas terkait pemeriksaan manajemen bencana. ISSAI (International Standard of Supreme Audit Institutions) merupakan standar yang menjadi pedoman anggota INTOSAI (International Organization of Supreme Audit Institutions)

Program tersebut dilaksanakan selama kurun waktu 2015-2016. Audit Review Meeting ini adalah tahap kelima dari tujuh implementasi IDI ASOSAI 3i Cooperative Audit Programme on Audit of Disaster Management.

Harry mengatakan, tujuan pertemuan tersebut adalah mengkaji ulang, mendiskusikan serta menfinalisasi konsep laporan pemeriksaan. Tim SAI (Supreme Audit Institutions) juga akan mengindentifikasi portofolio topik potensial dibidang manajemen bencana.

Pada Audit Review Meeting itu, masing-masing tim dari 17 SAI akan mempresentasikan konsep laporan pemeriksaan yang telah mereka kembangkan kemudian akan mendiskusikan dan mereview konsep laporan dengan rekan sejawat dan resource team.

Resource team kemudian akan memberikan masukan pada konsep laporan pemeriksaan, selanjutnya tim akan memperbaiki konsep laporan pemeriksaan berdasarkan diskusi dan masukan untuk menfinalisasi laporan pemeriksaan dan mendapat persetujuan dari Ketua SAI masing-masing.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016