Semarang (ANTARA News) - Sebanyak 17 negara sudah memastikan bakal menerjunkan atletnya tampil pada lomba lari maraton (42,195 kilometer) bertajuk "Borobudur Marathon 2016" di Kabupaten Magelang, Jateng, 20 November 2016.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Tengah Budi Santoso pada wartawan di Semarang, Senin, mengatakan, mereka yang sudah melakukan pendafaaran secara manual maupun online melalui web borobudurmarathon.com atau borobudurmarathon.id.

Ke-17 negara yang sudah mengirimkan daftar nama atletnya di antaranya Kenya, Ethiopia, Nigeria, Prancis, Amerika Serikat, Singapura, Jepang, Malaysia, tuan rumah Indonesia. "Juara untuk kategori elit internasional pada 2015 yaitu Kenedy Lilian untuk putra (Kenya) dan Paninahkihen untuk putri (Kenya) juga sudah mendaftar," katanya.

Kemudian untuk elit nasional, yaitu Agus Prayogo (Jawa Barat) dan Yulianingsih (Jatim) juga sudah memastikan ikut pada "Borobudur Marathon 2016" ini. "Kami menargetkan peserta untuk semua kategori jumlahnya 20 ribu pelari dan sekarang sudah masuk cukup banyak. Mereka biasanya mendaftar beberapa hari menjelang perlombaan," katanya.

Ia menambahkan, lomba lari maraton "Borobudur Marathon 2016" ini yang pertama sejak event yang sama digelar pada 1989, setelah itu lebih banyak untuk kategori 10 kilometer mulai 2014 kemudian pada 2015 untuk half maraton (21 kilometer).

Pada tahun ini, kata dia, juga ada kategori untuk 10 kilometer, half maraton (21 kilometer), full maraton (42,195 kilometer), ultra maraton (120 kiloemeter), serta ambasador dan celebrity run (3 kilometer). "Untuk celebrity dan ambasador, kita berharap para duta besar dan artis yang tertarik lari bisa tampil di Borobudur," katanya.

Menurut dia, star dan finis lomba yang akan dihadiri Menpora, Menpar, gubernur Jateng, serta para duta besar tersebut dilaksanakan di Taman Lumbini kompleks Candi Borobudur Mungkid Kabupaten Magelang, sedangkan total hadiah yang diperebutkan untuk semua kategori lomba Rp4 miliar. "Hadiah ini lebih besar dibandingkan Jakarta Maraton dan Bali Maraton," katanya.

Pelari nasional Agus Prayogo dipastikan tampil pada lomba lari maraton bertajuk "Borobudur Marathon 2016" di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, 20 November 2016.

"Saya sudah memastikan tampil pada lomba lari tersebut karena sudah mengikuti peluncurannya beberapa waktu lalu," kata peraih tiga medali emas PON XIX/2016 Jawa Barat yang dihubungi secara terpisah.

Agus Prayogo yang kelahiran Kota Magelang, Jateng, tersebut mengatakan, pada event lomba lari tersebut ada beberapa kategori lomba seperti lari 10 kilometer, half-maraton (21 kilometer), dan full maraton (42,195 kilometer).

"Kemungkinan besar saya ikut dua kategori yaitu yang half-maraton dan full maraton," kata Agus yang tercatat sebagai prajurit TNI AD dan berdinas di Kodam III/Siliwangi tersebut.

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016