Jakarta (ANTARA News) - iOS 10 resmi dirilis pada 13 September. Dan, kurang dari satu bulan dari saat itu, 66 persen perangkat yang mendukung telah menjalankan versi terbaru dari sistem operasi mobile milik Apple tersebut.

Angka tersebut merupakan prestasi tersendiri, bahkan dibanding dengan update iOS terdahulu. Adopsi iOS terdahulu dinilai cukup baik (terutama jika dibandingkan dengan Android), namun angka adopsi iOS 10 lebih baik dari pendahulunya, bahkan terinstalasi dalam waktu lebih singkat.

Menariknya, tingkat adopsi iOS 10 awalnya tertinggal jauh di belakang apa iOS 6, 7, dan 9 pada dua minggu pertama. Namun, setelah itu, versi terbaru dari perangkat lunak tersebut dengan cepat menyalip jumlah instalasi tiga iOS pendahulunya.

Tidak jelas apa yang menyebabkan lonjakan yang tiba-tiba tersebut. Pengiriman unit iPhone 7 dan 7 Plus pada waktu itu diperkirakan menjadi alasan yang kuat, atau mungkin Apple baru memberitahu pengguna iOS versi lama tentang adanya iOS baru sekitar dua minggu setelah dirilis.

iOS 10.0.2 yang dirilis pada 23 September juga mungkin berkontribusi dalam jumlah adopsi. Tidak ada yang tahu alasan pasti mengapa jumlah adopsi iOS 10 begitu tinggi dalam waktu singkat. Terlepas dari hal itu, iOS 10 telah menjadi rilis iOS tersukses dalam hal jumlah instalasi, demikian GSM Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016