Bangkok (ANTARA News) - Warga Thailand pada Selasa mengenakan pakaian warna pink demi kesembuhan Raja Bhumibol Adulyadej, warna yang mereka percaya akan membantu memulihkan kesehatan raja berusia 88 tahun itu.

Dua hari sebelumnya istana mengatakan raja dalam kondisi tidak stabil.

Raja Bhumibol, raja yang berkuasa paling lama di dunia, dihormati di Thailand. Selama tujuh dasawarsa berkuasa raja tersebut, yang juga dilihat sebagai kekuatan pemersatu bagi negara, telah melakukan intervensi ketika berbagai peristiwa mengancam membawa Thailand ke dalam krisis.

Istana mengatakan pada Minggu kesehatan raja "tidak stabil" setelah perawatan hemodialisis di rumah sakit, proses untuk memurnikan darah. Dikatakan ventilator dipasang setelah tekanan darah raja turun.

Bukan hal yang biasa bagi istana untuk menyatakan bahwa kesehatan raja dalam kondisi tidak stabil. Laporan tentang raja biasanya dikeluarkan setelah kondisi raja menunjukkan peningkatan.

Banyak warga Thailand sangat percaya takhayul dan beberapa percaya pakaian berwarna cerah dapat menarik keberuntungan.

Pesan dibagikan di media sosial sejak pernyataan istana, yang mendesak warga Thailand untuk memakai pink, warna yang menjadi penting beberapa tahun yang lalu ketika astrolog kerajaan mengatakan warna itu baik untuk raja dan akan meningkatkan kesehatan.

Sejak itu, raja kadang-kadang terlihat mengenakan warna pink di publik.

Di kawasan Silom Bangkok, Chay Chinapairot, 46, seorang pegawai pemerintah, termasuk di antara mereka yang mengenakan pakaian pink.

"Saya sangat prihatin. Saya mungkin memakai merah muda setiap hari," katanya. Sebuah halaman Facebook yang menyeru We Love Thai King, yang memiliki lebih dari 2,5 juta anggota, menggunakan tagar media sosial #wishthathismajestyrecoverssoon dalam bahasa Thai.

Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha dan anggota kabinetnya akan menandatangani buku semoga cepat sembuh untuk raja di Grand Palace, Bangkok, Selasa.

Wat Pathum Wanaram, sebuah kuil di distrik perbelanjaan utama kota, mengatakan para bhikkhu akan membaca doa untuk raja.

Para simpatisan pada Selasa berbondong-bondong ke Rumah Sakit Siriraj di Bangkok tempat raja telah menghabiskan banyak waktu tahun lalu.

Berita tentang kesehatan raja terus dipantau dan kata-kata pernyataan istana terkait kesehatan raja diamati dengan seksama.

Namun hukum ketat yang melindungi keluarga kerajaan menekan setiap diskusi publik terkait kesehatan raja.

Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2016