Den Haag (ANTARA News) - Duchess of Cambridge Kate Middleton melakukan kunjungan solo perdananya keluar negeri, Selasa (11/10), melalui kunjungan kenegaraan ke Belanda selama sehari sebagai bagian dari upaya mempererat hubungan pascareferendum Brexit atau keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Kate, istri Pangeran William, menghadiri jamuan makan siang bersama Raja Belanda Willem-Alexander di kediaman raja di Wassenaar, kawasan elit dekat Den Haag.

"Selamat datang, senang bertemu dengan Anda," ujar raja saat menyambut Kate, yang merupakan tamu pertama dari keluarga Kerajaan Inggris ke Kerajaan Belanda dalam tiga tahun terakhir sebagaimana dikutip AFP.

Kate (34) bertemu dengan sebuah institut untuk membahas kesehatan mental dan masalah kecanduan di kediaman duta besar Inggris.

Kemudian ia bertolak ke Kota Rotterdam untuk melihat program sosial yang menyediakan ruang publik bagi warga dan anak-anak.

Kate berkunjung ke Belanda hanya sehari setelah Perdana Menteri Inggris Theresa May bertemu dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Den Haag pada Senin malam.

Rutte mengatakan ia senang bertukar pandangan dengan May, seraya menambahkan bahwa pascareferendum Brexit Inggris dan Belanda membuka lembaran baru hubungan antara kedua negara.

Bulan lalu, raja Belanda memperingatkan dalam pembukaan parlemen bahwa Eropa mengalami ketidakpastian usai referendum Brexit pada Juni silam yang dapat menyebabkan hilangnya lapangan pekerjaan di Belanda.

Inggris merupakan mitra dagang terpenting ketiga bagi ekspor Belanda setelah Jerman dan Belgia. Menurut laporan biro statistik Belanda (CBS), penurunan transaksi perdagangan akan menyebabkan negara tersebut mengalami kerugian sekiar 10 miliar euro (setara Rp143,8 triliun) hingga 2030.

Penerjemah: Monalisa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016