Kuala Lumpur (ANTARA News) - Delegasi Trade Expo Indonesia (TEI) ke-31 tahun 2016 di Jakarta International Expo (12/10) dari Malaysia meraih Primaduta Award 2016 yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada Duta Besar Herman Prayitno.

"Penghargaan ini menunjukkan pentingnya Malaysia sebagai mitra dagang utama bagi Indonesia. Seluruh Perwakilan RI di Malaysia terus berupaya meningkatkan nilai perdagangan bilateral," kata Herman Prayitno dari Jakarta, Rabu.

Primaduta Award 2016 juga diberikan langsung kepada para Duta Besar RI untuk Tokyo, Mexico, Kairo, Ankara, Amman, Roma dan Kopenhagen.

Delegasi TEI asal Malaysia unggul pada dua kategori dengan tiga perusahaan sebagai pemenang yaitu dari kategori manufaktur untuk pasar utama adalah perusahaan Kara Marketing Sdn Bhd dan Indofood (M) Food Sdn Bh, adapun kategori UKM untuk pasar utama yaitu Kong Wooi Fong Tea Merchants Sdn Bhd.

Atase Perdagangan Kedubes RI di Kuala Lumpur, Puntodewi, mengatakan untuk pertama kalinya Duta Besar RI untuk Malaysia menerima Prima Duta Award secara langsung pada tahun 2016 mewakili para pengusaha terpilih.

Puntodewi mengatakan delegasi TEI dari Malaysia tahun ini lebih banyak dari sisi jumlah dan nilai komitmen.

"Untuk TEI 2016, perwakilan RI mampu memfasilitasi 282 buyers dengan nilai transaksi hari pertama mencapai sekitar USD 56,65 Juta," katanya.

Delegasi TEI asal Malaysia datang dari negeri Penang, Kuala Lumpur, Johor Bahru, Kuching, Kota Kinabalu dan Tawau.

Selain itu, Deputy Chief Minister Negeri Serawak, Datuk Amar Douglas Unggah Embas turut hadir mendukung keikutsertaan sekitar 90 pengusaha asal Serawak.

Setelah pembukaan, Datuk Amar Douglas melakukan pertemuan dengan Dirjen Perdagangan Luar Negeri. Salah satu yang dibahas adalah peningkatan kerjasama peningkatan "cross border" khususnya perbatasan Serawak dan Kalimantan Barat.

Di sela-sela expo para peserta akan difasilitasi dalam "business matching" dan "networking dinner" untuk memberikan kesempatan interaksi para pengusaha Indonesia dan Malaysia.

Fasilitasi misi dagang ini menjadi bagian penting dalam upaya seluruh Perwakilan RI untuk meningkatkan nilai perdagangan bilateral.

"Para delegasi akan mengambil manfaat dan peluang dalam kegiatan expo selama lima hari dari 12-16 Oktober 2016 yang bertemakan Indonesia : Source of Natural and Creative Products," katanya.

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016