Manila (ANTARA News) - Seorang profesor seni Filipina memperoleh keuntungan besar dari popularitas Rodrigo Duterte dengan membuat topeng Presiden Filipina itu untuk perayaan Halloween.

John Tan mengatakan topeng Dutertenya terjual lebih cepat dari topeng-topeng Halloween laris yang pernah dijualnya, yaitu topeng petinju Filipina Manny Pacquiao dan topeng karakter Game of Thrones Tyrion Lannister, lapor Reuters.

"Melihat popularitas presiden, tidak masalah jika Anda mendukung atau menentang dia, dia populer dan Anda tidak bisa tidak bicara tentang dia," kata Tan, yang mengatakan dia adalah pendukung Duterte, kepada Reuters.

Jajak pendapat menunjukkan Duterte tetap sangat populer sejak ia dilantik pada 30 Juni, tetapi ia telah menuai kecaman dari Perserikatan Bangsa Bangsa dan Amerika Serikat karena meluncurkan perang melawan narkoba yang telah menewaskan hampir 2.300 orang.

Tan telah menjual lebih dari 400 topeng, yang menampilkan wajah tegas Duterte, dengan harga 700 peso (15 dolar) per topengnya pada pekan pertama penjualan dalam jaringan.

Dia mengatakan dia berharap untuk membuat 800 topeng sebelum Halloween pada 31 Oktober.

Tan, seorang insinyur industri yang mengajar seni di Universitas Filipina di Manila, menggunakan mesin cetak untuk membuat topeng dan menghabiskan satu jam untuk melukisnya satu per satu dengan tangan.

Dia telah membuat topeng selama lima tahun terakhir dan pada tahun 2011 menjual 1.500 topeng juara tinju dunia Pacquiao, yang juga merupakan pendukung Duterte.
(Uu.G003/T008)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016