Jember (ANTARA News) - Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 9 Jember Lukman Arief mengatakan tiket kereta api untuk musim libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 sudah bisa dipesan.

"Masyarakat yang akan bepergian untuk merayakan libur panjang Natal dan Tahun Baru bisa memesan tiket kereta api mulai sekarang," katanya di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

Menurutnya, pemesanan tiket kereta api sudah bisa dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan untuk sejumlah kereta jarak menengah dan jarak jauh, namun untuk kereta lokal maka pemesanan tiket dilakukan 30 hari sebelum keberangkatan.

"Beberapa KA di wilayah Daop 9 yang dilayani pada H-90 yakni KA Mutiara Timur siang dan malam jurusan Banyuwangi-Surabaya (PP), KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Yogyakarta (PP), KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto (PP), KA Tawangalun jurusan Banyuwangi-Malang (PP), dan KA Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya (PP)," tuturnya.

Sedangkan untuk kereta lokal yakni KA Pandanwangi yang merupakan kereta jurusan Jember-Banyuwangi, pembelian tiket bisa dilayani H-30 sebelum keberangkatan.

"Reservasi tiket KA sudah dapat dilakukan mulai H-90 di loket stasiun, loket agen, minimarket, Contact Center 121 atau secara daring melalui situs dan mobile aplication," katanya.

Ia menjelaskan keuntungan masyarakat pemakai jasa kereta yang membeli tiket libur Natal dan Tahun baru 2017 lebih awal adalah tiketnya masih tersedia dan bisa memilih tempat duduk seperti yang diinginkan.

"Masyarakat yang membeli tiket KA mendekati hari pemberangkatan tetap bisa memilih tempat duduk, namun tempat duduk seperti yang diinginkan sangat terbatas karena sudah ada penumpang lain yang memesan lebih dulu," ujarnya menambahkan.

Berdasarkan data PT KAI Daop 9 Jember, Kabupaten Banyuwangi menjadi kota yang paling banyak menjadi tujuan penumpang pada libur akhir tahun karena banyaknya destinasi wisata di kota Gandrung tersebut, sehingga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung dengan menggunakan jasa kereta api.

Sementara salah seorang pengguna jasa KA, Maria mengaku sudah membeli tiket untuk merayakan Natal bersama keluarga besarnya di Yogyakarta.

"Tahun ini kami sekeluarga ingin merayakan Natal bersama keluarga besar di Yogyakarta, sehingga sudah memesan tiket untuk keberangkatan 23 Desember 2016," ucap pekerja swasta di Jember itu.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016