Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 22 Pengurus Provinsi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mencalonkan Wiranto sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat PBSI periode 2016-2020.

"Kami sangat mendukung dan mencalonkan Wiranto sebagai Ketua Umum PBSI berikutnya. Wiranto berpengalaman memimpin organisasi olahraga seperti taekwondo dan bridge," kata Ketua Umum Pengprov PBSI Jawa Barat Lutfi Hamid dalam jumpa pers di Jakarta, Sabtu.

Pengurus-pengurus Provinsi yang mendukung Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan Kabinet Kerja itu sebagai calon Ketua Umum PP PBSI adalah pengprov DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Bali, Banten, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat, Papua, Papua Barat, Lampung, Riau, Kepulauan Riau, Sulawesi Tenggara, Jawa Tengah dan Aceh.

Kemudian, Pengprov PBSI Bangka Belitung, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Maluku Utara, dan Bengkulu.

Ketua Umum Pengprov PBSI Lampung Abdullah Fadi Auli mengatakan organisasi PBSI pusat kurang berjalan dengan maksimal sehingga mempengaruhi prestasi olahraga para atlet dalam kejuaraan internasional yang juga kurang maksimal.

Jenderal Purnawirawan TNI AD itu menyambut permintaan dari 22 pengurus provinsi PBSI dan mengatakan masih mempunyai semangat untuk kembali memimpin organisasi olahraga.

"Sebenarnya saya ingin istirahat dari organisasi olahraga setelah memimpin tiga organisasi yaitu pada karate, taekwondo, dan bridge. Tapi, saya melihat prestasi bulu tangkis Indonesia masih dapat ditingkatkan lagi," kata pendiri partai Hanura itu.

Wiranto menilai prestasi cabang bulu tangkis dalam kejuaraan-kejuaraan internasional perlu peningkatan meskipun Indonesia telah mencapai beberapa prestasi dunia dalam kepemimpinan Gita Wirjawan sebagai Ketua Umum PBSI periode 2012-2016.

"Saya juga sudah meminta izin kepada Presiden Joko Widodo karena saya sekarang masih menjabat sebagai menteri," kata Wiranto.

Sebelumnya, calon petahana Ketua Umum PP PBSI Gita Wirjawan telah mendapatkan dukungan dari 21 pengurus provinsi PBSI. Gita menyatakan siap melanjutkan kepemimpinannya dalam cabang olahraga andalan Merah-Putih itu.

"Saya terbuka, siapapun silakan maju demi PBSI agar lebih baik. Apapun yang dilakukan siapapun yang maju sebagai ketua umum agar terus sejalan dengan prestasi atlet di lapangan," kata Gita.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016