Kami ajak peserta melakukan segala hal yang berhubungan dengan penghijauan
Jakarta (ANTARA News) - PT Astra International Tbk mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan melalui gelaran Astra Green Run Jakarta 2016 yang diikuti sebanyak 2.500 peserta.

Hal itu dikatakan Riza Deliansyah selaku Head of Environment and Social Responsibility PT Astra International Tbk saat ditemui di sela-sela kegiatan Astra Green Run Jakarta 2016 di kawasan Ocean Ecopark Ancol, Jakarta.

"Kami ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyelamatkan lingkungan dengan tema besar antara lain kenali, lakukan, dan ajarkan," kata Riza Deliansyah, Minggu.

Riza menjelaskan sejalan dengan tema besar itu masyarakat diharapkan bisa mengenali cara memperbaiki lingkungan, melakukan perbaikan bersama-sama dan mengajarkan cara merawat lingkungan di keluarga masing-masing.

"Setidaknya hari ini ada 2.500 peserta yang terlibat dan kemungkinan akan mengajak atau mengajarkan menjaga lingkungan ke keluarganya masing-masing," ucap Riza.

Astra Green Run Jakarta 2016 merupakan bagian dari rangkaian acara Astra Green Lifestyle yang konsisten dilaksanakan sejak 2010.

"Kami konsisten menyelenggarakan Astra Green Lifestyle dan kebetulan dalam tiga tahun belakangan ini lari menjadi salah satu gaya hidup yang digemari masyarakat Indonesia," kata Riza. "Dahulu kami pernah mengadakan bersepeda juga jalan santai tapi dua tahun terakhir ini kami adakan dalam bentuk lari."

"Kami ajak peserta melakukan segala hal yang berhubungan dengan penghijauan," tambah dia.

Menanam pohon

Astra Green Run Jakarta 2016 yang digelar PT Astra International Tbk diikuti sebanyak 2.500 peserta di Ocean Ecopark Ancol, Jakarta. Pihak Astra tidak sekadar menggelar lomba lari, namun akan menanam pohon di Astra Forest Sentul sesuai jumlah peserta sebanyak 2.500 orang.

"Setiap peserta lari kami kompensasikan menjadi satu pohon yang kami tanam di Astra Forest. Dengan adanya 2.500 pelari maka Astra akan menanam 2.500 pohon di Astra Forest," kata Riza.

Riza menjelaskan Astra Forest di Sentul seluas 200 hektare sudah menanam 4.000 batang pohon dari kegiatan sebelumnya.

"Sebelumnya kami sudah melakukan penanaman 4.000 batang pohon, bahkan Astra Forest sudah mau penuh," lanjut dia.

Riza menambahkan bahwa Astra sudah menanam 44.925 batang pohon sejak menyelenggarakan lomba lari pada 2011 hingga 2015.

Selain itu, melalui Astra Green Run Jakarta 2016, Astra juga mengajak masyarakat berpartisipasi mengurangi sampah botol plastik.

Pihak Astra menerima pendaftaran peserta lari dengan menyerahkan sampah botol plastik yang dikumpulkan di bank sampah Astra kemudian diubah menjadi benda daur ulang.

"Jadi kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyelamatkan lingkungan," pungkas Riza.

Video


Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016