Lausanne, Swiss (ANTARA News) - Dua warga Amerika Serikat yang menjadi tahanan setelah ditangkap kelompok Houthi, di Yaman, telah dibebaskan dan diterbangkan menuju negara tetangga, Oman, berkat bantuan pejabat Oman yang menengahi pembebasan mereka, kata Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, Sabtu.

Kerry berbicara di depan wartawan di kota Laussanne, Swiss mengatakan bahwa satu pesawat terbang dikirim dari Muscat di Oman menuju ibukota Yaman, Sanaa.

Dia menambahkan "ini memastikan pembebasan dua warga Amerika Serikat dari Houthi".

"Nama-nama mereka tidak disebutkan namun kami sangat senang atas pembebasan ini," katanya.

Televisi pemerintah Oman menayangkan gambar dua warga AS itu turun dari pesawat milik Angkatan Udara Oman.

Beberapa warga Yaman yang cedera dalam perang saudara di Yaman juga diterbangkan ke Oman dengan pesawat yang sama untuk mendapat pengobatan, demikian isi laporan tersebut.

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri mengatakan kepada lembaga penyiaran Oman bahwa pihaknya bekerjasama dengan pihak berwenang Yaman di Sanaa menjamin pembebasan warga AS itu.

Kantor Houthi juga membenarkan keberangkatan mereka dari Yaman.

Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat menyampaikan penghargaan kepada pemerintah Oman yang sudah memfasilitasi pembebasan dan memandang aksi itu sebagai "perilaku kemanusiaan" oleh Houthi , kelompok bersenjata di Yaman utara yang menguasai ibukota Sanaa sejak 2014.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016