Saya benar-benar sedih jika sepak bola hanya dikait-kaitkan dengan hal-hal yang negatif
Liverpool (ANTARA News) - Juergen Klopp lebih memilih bersikap rendah hati, sementara Jose Mourinho menunjukkan karakter sebagai sosok manajer yang tidak enggan menggenapi kredo bahwa berbanggalah dengan hasil kerja yang dicapai dengan dilandasi pengetahuan akan siapa diri sendiri.

Liverpool di bawah asuhan Klopp siap menjamu Mourinho yang membesut Manchester United (MU) dalam laga pekan kedelapan Liga Inggris (Premier League) yang digelar di Stadion Anfield, Liverpool, pada Senin waktu setempat, atau Selasa dini hari, pukul 02.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Sederet prestasi diraih manajer berjuluk The Special One, dengan membawa dua klub keluar sebagai juara Liga Champions,  dan menjuarai liga di empat negara serta berbagai kompetisi domestik lainnya. Sementara Klopp belum mencicipi gelar Liga Champions. Ia hanya mencecap juara di Liga Jerman (Bundesliga).

Duel antara dua manajer berkelas dunia di bawah kubah langit Liga Inggris justru menggema seantero dunia. Ini pertarungan dua karakter manajer yang melahirkan dua corak taktik berbeda.

Klopp memilih skema bermain dengan terus menekan lawan tanpa memberi ruang gerak sedikit pun, sementara Mourinho memilih corak bermain dengan bertahan terus dari gempuran kemudian memanfaatkan setiap peluang mencetak gol ke gawang lawan.

Palagan antara Liverpool dan Manchester United memanggungkan dua tim yang sama-sama bertekad meraih prestasi gemilang bermodal kepercayaan diri, bukan justru membeo kepada apa yang dibilang orang lain. Baik Klopp maupun Mourinho sama-sama mengukuhkan diri sebagai manajer yang menemukan karakter bagi dirinya sendiri.

Klopp memotivasi pasukan Liverpool untuk meraih kemenangan demi kemenangan. Hanya dengan bukti kemenangan, justru jerih payah dalam kerja dapat dibaca sebagai hal yang terang benderang.

Liverpool tidak semata mengandalkan penguasaan bola yang dominan, sementara United terus berjuang merengkuh kemenangan dengan memaksimalkan kemampuan setiap pemain, termasuk di dalamnya pemain termahal di dunia, Paul Pogba.

Komentar manajer:
 
* Juergen Klopp (Liverpool):

"Dengan tidak menoleh kepada klasemen pekan ini, laga ini demikian sangat penting. Saya paham dengan sejarah, saya suka dengan kisah-kisah istimewa dalam sejarah."

"Seluruh dunia akan menyaksikan pertandingan ini, karena di dalamnya ada pertaruhan kehormatan diri. Pada akhirnya, kami siap tampil sebaik mungkin. Anda tidak bisa mengabaikan begitu saja atmosfer pertandingan seperti ini. Untuk itu, anda harus bersiap sebaik mungkin."

"Mereka (Manchester United) punya kualitas hebat dan kami harus menghormati hal itu. Hanya saja ini Anfield. Kami harus menunjukkan kebanggan itu. Kami harus memanfaatkan atmosfer ini. Atmosfernya demikian baik bagi kami. Kami memerlukan dukungan sepenuhnya dari para pendukung di sini dalam laga nanti."

* Jose Mourinho (Manchester United):
"Dalam sepak bola, kami menemukan banyak tragedi. Jika anda mengatakan hal itu, maka bisa saja anda meraih kekalahan, karena pemain bukan tidak mungkin melakukan kekeliruan. Yang perlu anda lakukan, yakni menjadikan setiap pertandingan sebagai hal yang menyenangkan."

"Dalam tragedi kemanusiaan, banyak peristiwa terjadi demikian serius. Ini yang perlu dicamkan dalam laga sepak bola karena mereka benar-benar berada dalam tragedi yang besar. Tidak melupakan, tetapi menaruh hormat (atas lawan)."

"Saya benar-benar sedih jika sepak bola hanya dikait-kaitkan dengan hal-hal yang negatif."

Prakiraan susunan pemain:

* Liverpool (4-3-3):

Karius (penjaga gawang), Milner, Matip, Lovren, Clyne, Can, Henderson, Lallana, Coutinho, Firmino, Mane
Pemain cadangan:
Mignolet, Klaven, Leiva, Moreno, Grijic, Origi, Sturridge

* Manchester United (4-2-3-1):
De Gea (penjaga gawang), Valenncia, Bailly, Smalling, Blind, Herrera, Pogba, Lingard, Mata, Rashford, Ibrahimovic
Pemain cadangan:
Romero, Darmian, Fellaini. Carrick, Depay, Martial, Rooney
             
Data dan fakta (Opta Facts):

* Melawan Manchester United, justru Liverpool menelan 27 kekalahan di ajang Liga Inggris dan 67 kekalahan di kompetisi lainnya.
* Liverpool mengalami dua kakalahan terakhir melawan Manchester United di Anfield.  
* Duel kedua tim mengoleksi 16 kartu merah selama laga di Liga Inggris.
* Klopp hanya mengalami sekali kekalahan dari lima pertemuan melawan Jose Mourinho (tiga menang, sekali imbang).
* Sejak Klopp ditunjuk sebagai manajer Liverpool pada Oktober 2015, the Reds mampu memproduksi lebih banyak gol selama ajang Liga Inggris (73 gol). Capaian ini rata-rata tertinggi yakni 58.8 persen.
* Juan Mata mengoleksi lima gol dalam empat penampilan terakhir melawan Liverpool di ajang Liga Inggris, mencetak tiga gol dan melepas dua assist.  
 
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Liverpool: W W W W W


01/10/2016 Swansea City 1 - 2 Liverpool
24/09/2016 Liverpool 5 - 1 Hull City
20/09/2016 Derby County 0 - 3 Liverpool
16/09/2016 Chelsea 1 - 2 Liverpool
10/09/2016 Liverpool  4 - 1 Leicester City

* Manchester United: D W W W L

02/10/2016 Manchester United 1 - 1 Stoke City
29/09/2016 Manchester United 1 - 0 Zorya Luhansk
24/09/2016 Manchester United 4 - 1 Leicester City
21/09/2016 Northampton Town 1 - 3 Manchester United
18/09/2016 Watford 3 - 1 Manchester United

Head To Head:
 
17/03/2016 Manchester United 1 - 1 Liverpool
10/03/2016 Liverpool 2 - 0 Manchester United
17/01/2016 Liverpool 0 - 1 Manchester United
12/09/2015 Manchester United 3 - 1 Liverpool
22/03/2015 Liverpool 1 - 2 Manchester United

Tiga prediksi laga (Goal.com):

* Liverpool 3 - 1 Manchester United (11 persen)
* Liverpool 1 - 2 Manchester United (10 persen)
* Liverpool 0 - 0 Manchester United (9 persen)
 
Prediksi Man of the Match: (Whoscored):

1.Paul Pogba (31,11 persen)
2.Sadio Mané (17,78 persen)
3.Zlatan Ibrahimovic (11,11 persen)
4.Philippe Coutinho (11,11 persen)
5.Roberto Firmino (8,89 persen)

Rapor Top Players:
 
* Ratings:
Liverpool:

S. Mané (8,02)
P. Coutinho (7,81)
R. Firmino (7,76)

Manchester United:
P. Pogba (7,7)
D. Blind (7,69)
M. Fellaini (7,49)

* Goals:
Liverpool:

J. Milner (4)
A. Lallana     (3)
P. Coutinho (3)
    
Manchester United:
Z. Ibrahimovic (4)
M. Rashford (3)
J. Mata (2)

* Assists:
Liverpool:

A. Lallana (3)
G. Wijnaldum (2)
P. Coutinho (2)

Manchester United:    
W. Rooney (2)
D. Blind (2)
A. Martial     (2)

Tiga prediksi laga:

* Liverpool berada dalam grafik penampilan gemilang selama musim ini. Hanya saja penampilan Adam Lallana dan Georginio Wijnaldum bakal memunculkan perubahan di skuad asuhan Klopp.
* Manchester United tidak terlalu menunjukkan karakter bermain yang atraktif di bawah asuhan Mourinho, meski mereka terus bertekad meraih kemenangan.  
* Skuad Manchester United memiliki modal tidak kecil dengan meraih empat kemenangan terakhir melawan Liverpool. Laga pada Senin pekan ini menjadi pembuktian apakah Wayne Rooney benar-benar berada di jalur kemenangan.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Liverpool: 3
* Manchester United: 1

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016