Jakarta (ANTARA News) - Manchester United (MU) berhasil mencuri satu poin hasil imbang 0-0 atas Liverpool pada pertandingan pekan kedelapan Liga Utama Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Selasa dini hari WIB.

Hasil imbang ini membuat posisi kedua tim tidak berubah. Liverpool di posisi empat dengan 17 poin atau selisih dua poin dari pemuncak klasemen Manchester City, sementara MU di peringkat tujuh dengan perolehan 14 poin

Statistik Liga Premier Inggris mencatat Liverpool unggul penguasaan bola dengan 65 berbanding 35 persen dari MU. Jordan Henderson dan kolega memiliki total 12 sepakan sementara MU hanya melepaskan delapan tembakan dan cuma satu yang on target.

Pasukan Juergen Klopp memulai laga dengan umpan-umpan pendek yang mengalirkan bola secara perlahan dari tengah ke sayap kemudian digulirkan ke dalam kotak penalti MU.

Gaya permainan menyerang yang diusung Klopp setidaknya membuat Jose Mourinho menerapkan taktik pressing ketat bahkan terdapat delapan sampai sembilan pemain MU di barisan pertahanan saat The Reds menyerang.

Sejumlah peluang pun tercipta, gelandang Liverpool asal Jerman, Emre Can, melepaskan tendangan keras dari jarak 25 meter pada menit 22. Sebelumnya Ibrahimovic memiliki peluang dari sepakan jarak jauh pada menit 17.

Pendukung Liverpool nyaris bersorak saat umpan Henderson mengarah tepat ke kepala Firminho. Sayang tandukan pria Brasil itu mengarah tepat ke dada De Gea pada menit 29.

MU memiliki peluang terbaik melalui tandukan Ibrahimovic dari sudut sempit meneruskan umpan Pogba. Namun upaya itu tidak berbuah gol.

Saat tiga penyerang Liverpool, Sturridge, Mane dan Firminho, kesulitan menembus pertahanan MU, Emre Can kembali melepaskan tembakan keras yang mengarah ke pojok gawang De Gea. Beruntung, kiper Spanyol itu melakukan penyelamatan heroik dengan menepis bola menggunakan satu tangan pada menit 58.

Klopp memasukan energi baru untuk menambah daya gedor, Adam Lallana menggantikan Daniel Sturridge. Lallana langsung menciptakan peluang melalui kerjasama "satu-dua" dengan Sturridge, namun tidak juga berbuah gol pada menit 62.

De Gea kembali menjadi penyelamat gawang MU saat menepis tendangan Coutinho pada menit 72.

Lima menit kemudian Jose Mourinho menarik keluar Rashford untuk digantikan Wanye Rooney yang tidak juga memberikan banyak kontribusi pada laga ini.

Sebaliknya, Liverpool kembali mengancam dari aksi Coutinho dan Firminho pada menit 85 yang digagalkan oleh Valencia.

Menjelang laga selesai, Liverpool memasukan Divock Origi dan Alberto Moreno untuk menggantikan James Milner dan Firminho. Namun skor 0-0 bertahan hingga laga selesai.

Berikut susunan pemain dilansir dari situs Liga Premier:

Liverpool (4-2-3-1)
: Karius; Clyne, Lovren, Matip, Milner (Moreno); Henderson; Mane, Can, Coutinho, Firmino (Origi); Sturridge (Lallana).

Man Utd (4-1-4-1): De Gea; Valencia, Bailly, Smalling, Blind; Fellaini; Rashford (Rooney), Herrera, Pogba, Young; Ibrahimovic.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016