London (ANTARA News) - Sebanyak tiga Perusahaan Jerman memperoleh penghargaan Primaduta Award 2016 dari Pemerintah RI yang secara loyal dan berkesinambungan memasok produk Indonesia minimal selama tiga tahun berturut-turut.

Ketiga perusahaan asal Jerman yang mendapat penghargaan bergengsi tersebut, yaitu Voicevale GmbH asal Hamburg bergerak di bidang industri makanan, Promotion Pets GmbH asal Hamburg bergerak di bidang industri mainan anak dan Aquarium Glaser GmbH asal Rodgau bergerak di bidang pemasaran produk ikan hias, demikian Consulat KJRI Hamburg Indri Rasad kepada Antara London, Rabu.

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan langsung penghargaan Primaduta Award 2016 kepada ketiga perusahaan tersebut disela-sela pembukaan pameran dagang internasional terbesar Indonesia, the 31st Trade Expo Indonesia (TEI) 2016,

Ketiga perusahaan asal Jerman tersebut merupakan bagian dari 60 perusahaan buyers (importir produk komoditas asal Indonesia) yang dinobatkan Pemerintah RI untuk menerima penghargaan Primaduta Award 2016.

Penganugerahan Primaduta Award 2016 dilakukan dalam serangkaian tahapan seleksi terhadap 262 buyers/importir mancanegara yang diusulkan oleh Perwakilan RI di luar negeri. Calon penerima penghargaan diseleksi dengan mempertimbangkan jenis produk serta nilai tambah produk asal Indonesia, serta pembelian produk Indonesia dengan trend nilai impor yang terus meningkat.

Selain Jerman, negara penerima Primaduta Award 2016 ada yang berasal berasal dari Italia, Denmark, Spanyol, Finlandia, Perancis, Swiss, Turki, Jepang, Malaysia, Singapura, Cina, Korea Selatan, India, Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Brazil, Chile, Mesir, Yordania, Lebanon, Pakistan, Peru, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.

Pada kesempatan yang sama, Presiden RI juga menganugerahkan penghargaan Primaniyarta Award 2016 kepada produsen komoditas asal Indonesia yang berhasil menembus pasar dunia secara berkesinambungan. Dua perusahaan Indonesia yang baru saja berpartisipasi dalam pameran komoditas internasional 2 tahunan bernama Coffee, Tea and Cocoa (COTECA) 2016 pada awal September 2016 di Hamburg berhasil memperoleh penghargaan Primaniyarta Award 2016, yaitu Javara Indigenous Indonesia dan Harendong Organic Tea. Dalampelaksanaan tahun ini, terdapat 28 calon buyers potensial asal Jerman yang hadir dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2016.

Konsul Jenderal RI Hamburg, Atase Perdagangan KBRI Berlin serta ITPC Hamburg turut hadir pada saat penganurgerahaan kedua penghargaan berprestise tersebut.

Dalam konteks perdagangan bilateral antara Indonesia dengan wilayah kerja KJRI Hamburg, nilai ekspor produk Indonesia yang masuk ke dalam empat negara bagian di Jerman Utara yaitu Hamburg, Bremen, Niedersachsen dan Schleswig-Holstein) menunjukkan trend yang cukup baik dalam dua tahun belakangan ini. Berdasarkan data dari Badan Statistik Jerman, nilai ekpor Indonesia ke wilayah Jerman utara pada tahun 2014 mencapai EUR 1,09 miliar. Nilai ekspor Indonesia tersebut mengalami peningkatan sebesar 12,9 persen pada tahun 2015 dengan nilai nominal mencapai EUR 1,23 miliar.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016