Penambahan ratusan unit bus-bus baru ini kami lakukan semata-mata untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat."
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meresmikan peluncuran sebanyak 116 unit armada baru Bus Transjakarta yang akan segera dioperasikan di wilayah ibukota.

"Penambahan ratusan unit bus-bus baru ini kami lakukan semata-mata untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.

Melalui penambahan unit-unit armada baru tersebut, dia pun mengharapkan akan semakin banyak lagi warga yang meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih ke bus Transjakarta.

"Kalau semakin banyak warga yang menggunakan transportasi umum, maka semakin berkurang juga kemacetan di Jakarta. Saya apresiasi Transjakarta untuk penambahan bus-bus ini," ujar Basuki.

Sementara itu, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Budi Kaliwono menuturkan dengan adanya penambahan tersebut, maka jumlah armada yang dimiliki oleh Transjakarta saat ini sebanyak 1.347 unit bus.

"Sampai tahun 2017 mendatang, kami targetkan ada sebanyak 3.000 unit Bus Transjakarta yang beroperasi di ibukota. Bus-bus yang baru ini akan kami operasikan di rute-rute yang memang perlu penambahan armada," tutur Budi.

Dalam kesempatan tersebut, PT Transjakarta juga meluncurkan dua unit bus edisi Vintage Series untuk mengenang masa-masa kejayaan dan kontribusi PPD dalam melayani warga di ibukota dalam bidang transportasi.

"Masyarakat bisa bernostalgia dan mengenang kembali PPD dengan mengendarai bus edisi khusus PPD itu. Yang pasti pelayanan transportasi di Jakarta akan terus kami tingkatkan," ungkap Budi.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016