Barcelona, Spanyol (ANTARA News) - Penyerang Barcelona, Lionel Messi, memborong trigol dalam kemenangan laga lanjutan penyisihan Grup C Liga Champions dengan membekuk Manchester City 4-0 di Stadion Nou Camp, Spanyol, Kamis dini hari WIB.

Messi mencetak gol-golnya pada menit 17, 61 dan 69, sementara rekannya Neymar turut menyumbangkan satu gol pada menit 89.

Selain diwarnai trigol yang dicetak Messi, laga tersebut juga diramaikan dua kartu merah yang dikeluarkan wasit Milorad Mazic untuk masing-masing satu pemain dari kedua kubu.

Berkat kemenangan tersebut tim besutan Luis Enrique itu makin mantap memuncaki klasemen sementara Grup C dengan raihan sembilan poin dari tiga laga yang sudah dijalani, sementara City (4) berada di peringkat kedua.

Messi menyambut kembalinya mantan pelatih Barcelona, Pep Guardiola, bersama City ke Nou Camp dengan tidak memberikan kesempatan Pep merasakan euforia "pulang kampung".

City yang memulai dengan membangku cadangkan Sergio Aguero mengawali laga dengan inisiatif menyerang, namun gol pembuka justru berhasil diraih Las Blaugranas lewat Messi pada menit 17, buah dari kekacauan koordinasi pertahanan lawan.

City berusaha membalas, namun penjaga gawang Marc-Andre ter Stegen tampil sigap kala memotong umpan tarik Lucas Digne kepada David Silva dan Nolito pada menit 36 serta menghalau tendangan terarah Ilkau Guendogan semenit berselang.

Sementara upaya Luis Suarez menggandakan keunggulan Barcelona pada menit 45+1', masih bisa digagalkan penjaga gawang Claudio Bravo.

Lepas turun minum, delapan menit memasuki babak kedua petaka terjadi bagi tim besutan Guardiola yang harus kehilangan Bravo dari lapangan setelah ia sengaja menyentuh bola dengan tangan di luar kotak penalti yang segera disambut kartu merah dari wasit Mazic.

Keluarnya Bravo diperburuk dengan cedera yang dialami Pablo Zabaleta setelah bertabrakan dengan Digne, sehingga Guardiola harus melakukan dua jatah pergantian permainnya untuk memasukkan penjaga gawang cadangan Willy Cabalero dan Gael Clichy.

Masuknya Cabalero menggantikan Nolio, praktis membuat daya gedor City berkurang drastis.

Hal itu berhasil dimanfaatkan Messi untuk menggandakan keunggulan Barcelona pada menit 61, setelah ia menyelesaikan umpan kiriman Andres Iniesta demi menaklukkan Cabalero.

Messi melengkapi catatan trigolnya pada menit 69, berawal dari kelalaian barisan pertahanan pesepak bola asal Argentina itu dengan dingin meinggalkan gereja.

Sementara City meski tertinggal jumlah pemain, tak menyurutkan upaya mereka untuk menyerang yang kembali memaksa Stegen melakukan penyelamatan gemilang atas eksekusi tendangan bebas Aleksandar Kolarov pada menit 72.

Pada menit 73 jumlah pemain kembali seimbang swtelah Jeremy Mathieu menerima kartu kuning kedua dan diusir wasit dari lapangan, usai melakukan pelanggaran keras terhadap Raheem Sterling.

Barcelona berkesempatan memperbersar keunggulan setelah Messi dijatuhkan Kolarov di area terlarang pada menit 87, namun tendangan penalti Neymar masih bisa ditebak arahnya oleh Cabalero.

Neymar membayar lunas kegagalan tersebut dengan mencetak gol keempat pada menit 89.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen (PG); Javier Mascherano, Gerard Pique (Jeremy Mathieu), Samuel Umtiti, Jordi Alba (Lucas Digne); Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Andres Iniesta (Andre Gomes); Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar
Pelatih: Luis Enrique

Manchester City (4-2-3-1): Claudio Bravo (PG); Pablo Zabaleta (Gael Clichy), Nicolas Otamendi, John Stones, Aleksandar Kolarov; Fernandinho, Iklay Guendogan (Sergio Aguero); Raheem Sterling, David Silva, Nolito (Willy Cabalro); Kevin De Bruyne
Pelatih: Pep Guardiola

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016