Washington (ANTARA News) - Kegiatan ekonomi AS terus berkembang pada kecepatan sedang hingga moderat dari akhir Agustus hingga awal Oktober, dengan sebagian besar distrik memperkirakan prospek positif, demikian hasil survei terbaru yang dirilis Federal Reserve, pada Rabu.

"Sebagian besar distrik menunjukkan kecepatan ekspansi sedang atau moderat," kata The Fed dalam Beige Book terbaru yang mengukur ekonomi di 12 distriknya. Namun, Distrik New York melaporkan tidak ada perubahan dalam aktivitas keseluruhan.

Hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar distrik memperkirakan prospek positif dengan pertumbuhan diperkirakan akan terus pada kecepatan sedikit sampai moderat di beberapa distrik.

Menurut survei, penjualan ritel meningkat di sebagian besar distrik, dan diharapkan akan berlanjut tumbuh moderat dalam beberapa bulan ke depan.

Aktivitas manufaktur bervariasi, dan beberapa distrik melaporkan bahwa dolar AS yang kuat terus menyeret turun ekspor barang-barang manufaktur.

Kondisi pasar tenaga kerja tetap ketat, dengan pertumbuhan payroll dan upah sedang, kata laporan survei. Harga sedikit meningkat secara keseluruhan.

The Fed mempertahankan suku bunga federal fund tidak berubah dalam pertemuan September di tengah data ekonomi lemah baru-baru ini dan inflasi lemah, tapi sangat mengisyaratkan bahwa bank sentral bisa memiliki satu kenaikan suku bunga pada akhir tahun ini.

Analis secara luas percaya bahwa the Fed akan mempertahankan suku bunga tidak berubah dalam pertemuan November, sementara kemungkinan menaikkan suku bunga pada Desember.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016