New Delhi (ANTARA News) - Kebun binatang di New Delhi, Rabu (19/10), ditutup sementara waktu setelah dua burung mati akibat flu burung, ungkap pihak konservator, sebulan setelah India menyatakan bebas dari penyakit tersebut.

Riaz Khan mengatakan bahwa uji coba mengonfirmasi bahwa burung tersebut mati akibat virus H5, yang lebih dikenal sebagai flu burung.

"Kami menutup kebun binatang selama dua sampai empat hari untuk melakukan pemeriksaan dan memantau situasi untuk melihat virus itu tidak menyebar," ujar Khan kepada AFP.

Dia mengatakan bahwa total sembilan burung, termasuk bebek, burung pelikan dan bangau, mati dalam beberapa hari terakhir, tetapi hanya dua yang dikonfirmasi terkena flu burung.

"Tetapi dalam kasus apa pun, kebun binatang ditutup sebagai langkah pencegahan dan akan dibuka kembali dalam beberapa hari," katanya.

Penutupan itu dilakukan sebulan setelah India mengumumkan bahwa negara itu terbebas dari flu burung, mengatakan bahwa sudah tidak ada laporan wabah sejak Mei, ketika lebih dari 100.000 ayam diperintahkan untuk dimusnahkan di negara bagian Kamataka selatan.

Kebun binatang tersebut pada Mei menjadi sorotan setelah 46 rusa dilaporkan mati akibat rabies.  (kn)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016