Di tahun pertama, DPR sibuk dengan berebut pimpinan alat kelengkapan dewan, sedangkan di tahun kedua fraksi pendukung pemerintah malah bertambah
Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) menilai dua tahun pemerintahan Joko Widodo berada di atas angin karena mampu merengkuh kekuatan di parlemen.

"Selama dua tahun, pemerintahan Jokowi selalu di atas angin. Di tahun pertama, DPR sibuk dengan berebut pimpinan alat kelengkapan dewan, sedangkan di tahun kedua fraksi pendukung pemerintah malah bertambah," jelas peneliti Formappi M. Jadiono dalam diskusi "Evaluasi Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK", di Jakarta, Kamis.

Jadiono mengatakan DPR semestinya memiliki fungsi mengkritik pemerintah dari segala aspek, namun fungsi ini tidak maksimal dalam dua tahun terakhir.

"Misalnya terkait BPK tidak memberikan pendapat atau disclaimer terhadap laporan keuangan empat kementerian/lembaga. Harusnya DPR bisa mengkritisi mengapa itu terjadi, tapi nyatanya tidak dilakukan," ujar dia.

Peneliti Formappi lainnya Lucius Karus menyatakan pemerintah perlu diacungi jempol lantaran mampu mengefektifkan jalannya pemerintahan dengan merengkuh kekuatan DPR, namun fakta ini menjadi berbahaya lantaran kontrol parlemen terhadap pemerintah lemah.

"Pemerintah bisa menjadi sesuka hati," ujar Lucius.



Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016