Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) menyatakan Piala Perbasi atau Perbasi Cup 2016, yang diselenggarakan dalam rangka memperingati ulang tahun ke-65 organisasi itu, siap digelar di Jakarta pada 23-30 Oktober 2016.

Turnamen itu akan diikuti oleh 10 tim Liga Basket Indonesia (Indonesian Basket League/IBL) dan dilaksanakan di dua tempat yaitu di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan, dan Sport Mall Mahaka Square Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"Persiapan keseluruhan sudah lebih dari 90 persen, tinggal menunggu pelaksanaan yang dimulai Minggu (23/10)," ujar Ketua Pelaksana Perbasi Cup Fareza Tamrella di Jakarta, Kamis.

Fareza, yang juga Bendahara Umum PP Perbasi, melanjutkan tempat penyelenggaraan kompetisi sudah direnovasi demi lancarnya penyelenggaraan dan kenyamanan penonton.

Tiket pertandingan pun sudah dijual secara daring melalui laman http://perbasi-cup.endticket.com dengan harga beragam.

Untuk babak penyisihan yang dipertandingkan di GOR Soemantri Brodjonegoro, tiket dijual dengan harga Rp50.000 (tribun) sampai Rp100.000 (VIP). Sementara babak semifinal dan final, diselenggarakan di Sport Mall Mahaka Square Kelapa Gading, tiket dijual mulai dari Rp50.000 (tribun)--Rp500.000 (VVIP).

"Saya melihat sudah ada kemajuan di penjualan tiket," tutur dia.

PP Perbasi pun optimistis Perbasi Cup 2016 akan berjalan dengan sukses dan menarik minat banyak penonton terutama penggemar basket Tanah Air.

Sebab, seperti kata Fareza, Perbasi yakin kompetisi yang baru pertama kali diadakan itu bisa mengobati kerinduan atas adanya turnamen basket skala nasional.

Selain itu, Perbasi Cup 2016 juga menampilkan beberapa pebasket luar negeri yang diyakini memberikan warna tersendiri dalam kompetisi dan bisa menjadi daya tarik penonton.

Kejuaraan tersebut memang memperbolehkan tim yang berpartisipasi untuk menggunakan jasa pemain asing, tetapi tidak boleh lebih dari dua orang dalam satu tim.

Ada lima klub yang memasukkan pemain asing dalam daftar pemainnya yaitu CLS Knights Surabaya, Satria Muda Pertamina, M88 Aspac Jakarta, Hangtuah Sumatera Selatan dan Pacific Caesar Surabaya.

"Selain memberikan kesempatan untuk unjuk kebolehan, para pemain asing diharapkan dapat memberikan tantangan bagi pemain-pemain nasional dan pada akhirnya bisa meningkatkan kemampuan serta daya saing dengan atlet-atlet mancanegara," ujar Sekretaris Jenderal PP Perbasi Budisatrio Dijwandono.

Perbasi Cup 2016 diikuti oleh 10 klub Liga Basket Indonesia (IBL) yaitu Satria Muda Pertamina, CLS Knights Surabaya, Stadium Happy 8 Jakarta, JNE Bandung Utama, NSH Jakarta, Pelita Jaya Jakarta, M88 Aspac Jakarta, Pacific Caesar Surabaya, Satya Wacana Salatiga dan Hangtuah Sumsel.

Pertandingan pertama, semifinal dan final Perbasi Cup juga bisa disaksikan secara langsung melalui laman daring www.sportschannelindonesia.co.id.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016