Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) memastikan kompetisi Liga Bola Basket Indonesia (Indonesian Basketball League/IBL) musim 2016-2017 akan bergulir.

"Kami harapkan kompetisi bisa dimulai pada Januari 2017," ujar Sekretaris Jenderal PP Perbasi Budisatrio Djiwandono di Jakarta, Kamis.

Budisatrio melanjutkan, saat ini Perbasi sedang dalam tahap akhir persiapan IBL. Salah satu hal yang masih menjadi kendala adalah belum selesainya kesepakatan dengan konsorsium promotor pendukung.

Selain itu, Perbasi juga mempertimbangkan beberapa hal terkait aturan kompetisi seperti tentang penggunaan pemain asing dan naturalisasi. Namun, dia yakin semua itu akan selesai dalam waktu dekat.

"Kami menargetkan rincian kompetisi bisa rampung dalam minggu ini dan sosialisasi ke semua tim bisa dilakukan di minggu berikutnya," tutur Budisatrio.

Pelaksanaan IBL yang dicanangkan pada Januari 2017 dianggap Perbasi tidak mengganggu persiapan tim nasional yang akan menghadapi SEA Games pada Agustus 2017 di Malaysia.

"IBL akan bergulir sampai Mei 2017 dan di sela waktu tersebut Badan Tim Nasional Perbasi bisa mempersiapkan timnas dengan menyesuaikan jadwal liga. Saya rasa itu sudah sesuai," kata Budisatrio.

Direktur High Performance Badan Tim Nasional PP Perbasi Ferri Jufry pun mengaminkan pernyataan Sekjen PP Perbasi.

Menurut Ferri, pemusatan latihan (TC) tahap kedua tim nasional bola basket bisa dilakukan bersamaan dengan berjalannya IBL.

"Kami melakukan TC di sela IBL," ujar dia.

TC tahap pertama sendiri dilakukan pada pertengahan November sampai Desember 2016 setelah pelaksanaan Piala Persiba 2016 di Jakarta yang dianggap sebagai persiapan menuju IBL.

Piala Perbasi atau Perbasi Cup 2016 sendiri dilaksanakan dalam rangka ulang tahun ke-65 PP Perbasi. Turnamen diselenggarakan di Jakarta, tepatnya di GOR Soemantri Brodjonegoro dan Sport Mall Mahaka Square Kelapa Gading, pada 23-30 Oktober 2016.

Turnamen yang baru pertama kali diselenggarakan ini diikuti oleh 10 klub Liga Basket Indonesia (IBL) yaitu Satria Muda Pertamina, CLS Knights Surabaya, Stadium Happy 8 Jakarta, JNE Bandung Utama, NSH Jakarta, Pelita Jaya Jakarta, M88 Aspac Jakarta, Pacific Caesar Surabaya, Satya Wacana Salatiga dan Hangtuah Sumsel.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016