Bandung (ANTARA News) - Sebanyak empat kontingen Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2016 yakni Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara belum meraih medali.

Hingga Kamis (20/10) pukul 19.15 WIB, keempat daerah itu belum memperoleh sekeping medali perunggu sekalipun, namun masih terus berjuang di cabang olahraga yang diikutinya.

Sementara itu dominasi Jawa Barat dalam perburuan medali emas Peparnas masih terus berlanjut dengan meraih lebih dari 20 medali emas yakni dari cabang atletik, angkat berat, tenis meja, renang, catur dan lainnya.

Jabar memimpin klasemen perolehan medali dengan 122 medali emas, 71 perak dan 49 perunggu. Disusul Jawa Tengah di peringkat kedua dengan 50 medali emas, 53 perak dan 39 perunggu.

Sedangkan pada peringkat ketiga ditempati Papua dengan 28 medali emas, 17 perak dan 14 perunggu. Peraingan perolehan medali di papan tengah cukup seru. Selain Papua yang telah mengemas 28 emas, sebanyak empat kontingen mengancam posisi Papua dengan medali emas terpaut tipis yakni Riau 27 emas, Sumatera Utara (25), Kalimantan Selatan (26) dan Kalimantan Timur (24).

Sedangkan jumlah medali emas yang telah diraih kontingen sebanyak 384 medali dari 384 nomor pertandingan yang telah mempertandingkan nomor final. Dengan jumlah itu maka jumlah medali emas yang telah keluar sebanyak 63 persen dari total 605 nomor pertandingan di ajang Peparnas 2016 itu.

Sementara itu Kontingen Jawa Barat dengan perolehan 122 medali emas telah meraih 20 persen dari total nomor yang dipertandingkan di Peparnas. Sedangkan dari total medali emas yang telah keluar, Jabar mencapai 35 persen.

Dengan lejitan perolehan medali emas itu, tuan rumah Jabar diunggulkan menjadi juara umum. Meski demikian pertandingan masih cukup panjang yang akan berlangsung hingga Senin (24/10) mendatang.

Kontingen Peparnas 2016 Jabar yang dikomandani langsung oleh Kapolda Jabar Irjen Pol Bambang Waskito sangat berpeluang meraih perolehan medali emas fenomenal menembus angka 200 medali emas. Pasalnya hingga hari kelima telah menembus angka 122 medali emas. Kontingen PON XIX/2016 Jabar sendiri meraih 217 medali emas pada ajang PON lalu.

"Target kami menjadi juara umum dan bisa mengikuti sukses yang diraih Kontingen PON Jabar," kata Ketua National Paralimpik Commite (NPC) Jawa Barat Ukun Rukaendi.

Menurut dia, tim Jawa Barat sudah melakukan persiapan maksimal dan latihan marathon menjelang Peparnas.

Jabar sendiri telah memastikan menjadi juara umum pada cabang olahraga judo yang telah mengakhiri perebutan medali emanya pada Rabu (19/10) kemarin. Tim judo Jabar meraih tujuh emas, enam perak dan dua perunggu dari 16 nomor pertandingan yang diikutinya.

Meski meraih emas signifikan, dalam beberapa cabang Jabar mendapat perlawanan ketat dari Jateng, Riau, Sumatera Utara dan Papua seperti di atletik, tenpin boling, renang, catur dan angkat berat. Selain itu pada cabang panahan, tuan rumah juga tersalip oleh DI Yogyakarta yang untuk sementara memimpin klasemen panahan.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016