Paris (ANTARA News) - Klub raksasa Prancis Paris Saint-Germain (PSG) menggandeng perusahaan industri hiburan Webedia untuk membentuk sebuah tim PSG dalam video game eSports.

Sejalan dengan kerjasama itu, pada Kamis (20/10) di Paris di hadapan Presiden klub Nasser Al-Khelaifi dan CEO Fimalac Marc Ladreit de Lacharriere, PSG mengumumkan perekrutan tiga orang pemain pertama guna memperkuat tim PSG dalam game eSport.

Tiga pemain itu adalah Bora "YellowStar" Kim asal Prancis yang pernah lima kali juara European League of Legends, juara FIFA asal Denmark Agustus "Agge" Rosenmeier, dan bintang Prancis Lucas "DaXe" Cuillerier.

"Kami memutuskan berinvestasi pada Esport serta memasukkan tim kami dalam dua sektor game yang paling ikonik itu," kata Presiden PSG Nasser Al-Khelaifi kepada wartawan di Paris, Kamis.

"Keputusan ini merupakan bagian dari strategi pembangunan internasional klub dan proyek digitalisasi, dan merupakan cara baru Paris Saint-Germain untuk terlibat dengan penggemar dan sebagai kunci untuk pengembangan pasar. Kami memiliki rencana besar untuk tiga tahun ke depan," lanjut dia.

Nasser Al-Khelaifi menjelaskan dengan adanya lebih dari 256 juta fans di seluruh dunia serta tingkat pertumbuhan fans sekitar sepuluh persen per tahun, maka Esport akan menjadi video game yang semakin populer di mata anak-anak dan remaja.

"Sejumlah klub berinvestasi di sektor yang diharapkan bisa menghasilkan pendapatan satu miliar euro pada tahun 2019 lewat League of Legends, Hearthstone dan Starcraft, yang dimainkan puluhan juta orang di seluruh dunia dan memenuhi stadion di kompetisi internasional," pungkas Al-Khelaifi.

PSG eSports dalam League of Legends (LoL) merupakan salah satu video game yang paling populer di dunia sehingga klub Paris Saint-Germain mencari kesempatan untuk memainkan peran utama dalam industri hiburan itu.


Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016