Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 71,6 juta orang telah menyaksikan debat terakhir calon presiden Amerika Serikat antara Hillary Clinton dan Donald Trump di layar televisi Kamis pagi WIB kemarin. Angka ini di bawah jumlah penonton debat pertama dari tiga debat yang ada.

Data yang dipasok agensi pemeringkat Nielsen itu mencakup orang yang menonton debat terakhir itu di empat jaringan penyiaran televisi utama AS, ditambah sembilan saluan televisi kabel dan pemerintah.

Debat pertama menarik perhatian 84 juta penonton televisi yang merupakan paling besar dalam sejarah debat presiden AS. Debat kedua pekan lalu menarik perhatian 65,5 juta penonton.

Angka Kamis pagi WIB itu adalah yang paling tinggi ketiga untuk debat calon presiden AS sejak Nielsen mengukur parameter ini sejak debat 1976. Pada debat 1980 antara Presiden Jimmy Carter dari Demokrat dan penantangnya dari kubu Republik. Ronald Reagan, telah menarik perhatian 80,6 juta penonton.

Data Nielsen ini hanya mencakup televisi di rumah dan tidak termasuk jutaan lainnya yang menyaksikan debat secara online melalui medoa sosial atau bar dan restoran, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016