Amerika Serikat (ANTARA News) - Aktris Shailene Woodley mengaku tak bersalah setelah ditahan bersama 27 warga lainnya karena memprotes pembangunan pipa "Dakota Access", menurut dokumen pengadilan.

Bintang film "The Divergent" series berusia 24 tahun itu tak terlihat hadir di pengadilan wilayah Distrik Morton County, Dakota Utara.

Pengacara membela kliennya yang dituduh memasuki properti perusahaan tanpa izin dan ikut memicu kerusuhan, ungkap dokumen itu.

Woodley yang menyiarkan langsung aksi unjuk rasa 10 Oktober via Facebook di kawasan pembangunan pipa Dakota Access sepanjang dua mil (3,2 kilometer) dari selatan Kota St. Anthony, terlihat ditangkap petugas sebagaimana ditunjukkan rekaman kamera.

Aktris itu menarasikan proses penahanannya. Ia mengaku saat ingin menuju mobilnya, "mereka menarik jaket saya dan mengatakan saya tak dapat lanjut, saat itu mereka memiliki senjata besar, tongkat, dan mereka tak juga melepas cengkramannya".

Polisi berdalih Woodley merupakan orang terakhir yang ditangkap dan ditahan setelah meninggalkan kawasan pembangunan.

Woodley tak hanya dikenal sebagai aktris, tetapi ia adalah pegiat lingkungan, anggota "Standing Rock Sioux Tribe" Dakota Utara. Kelompok yang memprotes proyek senilai 3,7 milyar dolar AS tersebut.

Pipa sepanjang 1.100 mil (1.770 km) akan dibangun oleh kelompok perusahaan yang dipimpin Energy Partners LP. Pipa itu akan menjadi alat pertama yang menyalurkan bahan minyak mentah "Bakken" dari Dakota Utara ke pusat pengolahan di Gulf Coast AS.

Kontraktor pipa Dakota Access berencana memulai pembangunan pada kuartal IV tahun ini. Namun aksi unjuk rasa terus menghambat proses tersebut.

Penyelamat lingkungan meyakini pembangunan saluran akan mencemari tanah akibat kebocoran minyak hingga dikhawatirkan merusak kawasan yang memiliki nilai sejarah dan budaya tersebut.

Namun para pendukungnya berdalih pipa akan menjadi jalur efektif dan termurah untuk menyalurkan bahan minyak mentah ke Gulf Coast AS daripada menggunakan jalan darat atau kereta.

Satu hari setelahnya, sejumlah pengunjuk rasa ditahan karena mencoba menghentikan aliran minyak mentah dalam pipa dari Kanada ke AS.

Woodley dikenal atas perannya dalam film "Snowden" yang diluncurkan bulan lalu. Ia memerankan Lindsay Mills, pacar mantan pegawai Badan Keamanan Nasional AS (NSA) Edward Snowden yang membocorkan rahasia program pengawasan pemerintah.

Snowden menerima suaka dari Rusia setelah melarikan diri dari AS pada 2013.

(Uu.SYS/KR-GNT/G003)

Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016