Dulu sempat bekerja di perusahaan garmen tapi berhenti karena ikut pelatihan
Bandung (ANTARA News) - Mantan karyawan perusahaan garmen di kawasan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Gusmalayanti, berhasil menyumbang dua medali yakni satu emas dan satu perak untuk Kontingen Jawa Barat dari cabang olahraga renang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016.

"Sekarang saya fokus di renang dan mengurus keluarga saya. Dulu sempat bekerja di perusahaan garmen tapi berhenti karena ikut pelatihan," kata Gusmalayanti di arena kolam renang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jumat.

Medali emas yang diraih oleh Gusmalayanti adalah dari nomor 50 meter gaya punggung S8 putri dan medali perak diraihnya dari nomor 100 meter gaya bebas S8 putri.

"Seneng banget pastinya bisa dapat emas, emas ini buat keluarga saya khususnya untuk anak saya, Airlangga Satria," kata Gusmalayanti sambil mencium sang anak.

Menurut dia, awal mula dirinya tertarik dengan olahraga renang ialah karena ajakan temannya yang juga seorang atlet.

"Itu sekitar 10 tahun lalu, teman saya ngajak renang terus saya coba belajar sampai akhirnya bisa dan terus ikut salah satu klub renang untuk melatih teknis renang yang benar," katanya.

Ia mengatakan setelah menguasai teknik berenang yang baik dan benar maka dirinya memberanikan diri ikut seleksi pelatda dan ternyata lolos.

Sebelumnya, perempuan yang lahir tanggal 10 Agustus 1984 juga pernah ikut Peparnas 2008 di Kalimantan Timur dan Peparnas 2012 di Riau.

"Waktu diPeparnas Riau kemarin saya dapat empat emas, itu di nomor 50 meter gaya bebas S8 putri, 50 meter gaya dada S8 putri, 50 meter punggung S8 putri, 100 meter gaya bebas S8 putri," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016