Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) optimistis Kontingen Jawa Barat bisa mengawinkan gelar juara umum Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 dengan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016.

"Melihat tren perolehan medali hingga saat ini, kita optimiskan bisa menyandingkan gelar juara umum di PON dan Peparnas," kata Ahmad Heryawan usai menyaksikan pertandingan renang Peparnas XV/2016 di arena Kolam Renang FPOK UPI Bandung, Jumat.

Berdasarkan laman resmi PB PON-Peparnas 2016, hingga Jumat pukul 16.00 WIB, tuan rumah Jawa Barat berhasil mengumpulkan 149 medali (75 emas, 42 perak, 32 perunggu).

Ketika ditanyakan apakah pemberiaan bonus untuk atlet Jawa Barat yang berprestasi di Peparnas XV/2016 akan bersamaan dengan pemberian bonus PON XIX, Aher menuturkan hal tersebut bisa saja dilakukan.

"Kita lihat nanti, mungkin bisa dibarengkan, mungkin perhelatan bersama-sama," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan Pemprov Jawa Barat juga siap menanggung pajak bonus bagi atlet Peparnas yang berprestasi di ajang tersebut.

"Kita berencana demikian, kita lihat anggarannya dan kita akan berusaha melaksanakan. Kita beri hadiah mereka dan pastinya ada pajak, dan kita ingin bonus itu diterima utuh oleh mereka biar pemda yang menanggung pajaknya," kata dia.

Pada kesempatan tersebut Aher juga memuji kepanitian besar Peparnas XV yang sudah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik.

"Saya mengarahkan kepada panitia agar menampilkan tampilan yang terbaik yang kita miliki, jangan berpura-pura, tampilan senyum kita yang sesungguhkan. Dan hasilnya luar biasa bagus. Terima kasih kepada teman-teman kepanitian, yang sudah menterjemahankan keinginan pemimpinan dari A menjadi A plus," ujarnya.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016