Serang (ANTARA News) - Gubernur Banten Rano Karno menargetkan kontingen Provinsi Banten masuk ke lima besar dalam perhelatan Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) 2016 yang berlangsung di Provinsi Banten mulai 22 Oktober 2016.

"Saya sih ngasih target minimal lima besar, tapi kontingen tadi bilang target juara umum. Saya bilang usahakan," kata Rano Karno saat melepas kontingen Pospenas Provinsi Banten di Pendopo Gubernur Banten, di Serang, Jumat.

Beberapa waktu lalu, kata Rano, kontingen Banten untuk Pekan Olah Raga Nasional (PON) menunjukkan prestasi yang baik dan berada di peringkat 13, perolehan ini menunjukkan peningkatan prestasi yang signifikan. Bahkan pada ajang MTQ Nasional di NTB, Banten telah mencatatkan sejarah karena menjadi juara umum.

"Hal yang sama saya juga harapkan kepada kontingen Provinsi Banten untuk Pospenas. Saya percaya dengan kerja keras dan semangat yang sungguh-sungguh dari para santri, hasil yang baik akan kita dapat," kata gubernur.

Rano Karno mengatakan Pemprov Banten harus bisa menjadi tuan rumah yang baik. Karena agenda yang spesifik untuk Pondok Pesantren ini merupakan bagian mempromosikan Provinsi Banten ke masyarakat luas.

"Agenda ini pun untuk mempererat ukhuwah, karena ribuan santri dari seluruh Indonesia berkumpul di sini," katanya.

Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh elemen termasuk atlet dan official agar bisa menjaga nama baik Provinsi Banten didepan ribuan kontingen dari 32 provinsi se-Indonesia yang mengikuti Pospenas.

Untuk diketahui, tahun ini Pemprov Banten mendapatkan amanah untuk menjadi tuan rumah ajang tiga tahunan tersebut. Hajat besar para santri ini akan dibuka Sabtu (22/21/10) malam di stadion Maulana Yusuf Ciceri Kota Serang.

Penanggungjawab Kontingen Banten, Ikhwan Hadi mengatakan, sebagai tuan rumah gelaran Pekan Olahraga Seni Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) 2016, Pemprov Banten mengejar tri sukses yaitu sukses penyelenggaraan, sukses tuan rumah dan sukses prestasi. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemprov Banten mengirim tim penuh disetiap cabang pertandingan.

"Sesuai pesan Pak Gubernur, sebagai tuan rumah kita diharapkan mencapai tri sukses, sukses sebagai sohibul bait atau tuan rumah, sukses penyelenggaraan, dan sukses prestasi. Untuk mencapai sukses prestasi, kita mengirm full tim," katanya.

Sebanyak 375 orang yang terdiri dari atlet, ofisial dan pelatih yang Banten terjunkan untuk mengikuti 24 cabang pertandingan yang diperlombakan di Pospenas tahun ini.

Pewarta: Mulyana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016