Jakarta (ANTARA News) - Empat tokoh film Jepang yakni Makoto Shinkai, aktris Mitsuki Takahata, aktor Satoshi Tsumabuki, dan raja para monster Godzilla terpilih untuk menerima Arigato Award dari Festival Film Internasional Tokyo (TIFF).

Arigato (Thank You) Award tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap tokoh-tokoh yang memiliki bakat luar biasa dan memberikan dukungannya untuk industri film Jepang, demikian seperti dirilis TIFF, Sabtu.

Makoto Shinkai, lahir pada 1973, mengundang decak kagum dari komunitas anime lewat pandangannya yang unik tentang dunia melalui "Voices of a Distant Star" (2002). Kehadirannya dinilai bagai komet di industri film anime.

Film teranyarnya "Your Name" mencetak sukses besar dan menjadi fenomena sosial.

Sementara aktris Mitsuki Takahata dinilai layak mendapat penghargaan tersebut karena bakatnya yang menonjol. Lahir pada 1991, ia debut pada usia 13 tahun dengan membintangi "Playback Part 2: Okujo no Tenshi" (2005).

Filmnya "Evergreen Love" menjadi film terlaris tahun ini. Ia juga tampil di film "Rage" dan "Japanese Girls Never Die" yang keduanya terpilih masuk dalam program kompetisi di TIFF ke-29.

Penghargaan Arigato Award juga diberikan untuk aktor Satoshi Tsumabuki yang dinilai memiliki peran penting dalam mewakili industri film Jepang.

Lahir pada 1980, ia memulai karirnya lewat "Waterboys" (2001), yang mengantarkannya meraih penghargaan Aktor Terbaik dan Pendatang Baru Tahun Ini pada Japan Academy Prizes ke-25.

Ia juga menerima sejumlah penghargaan lainnya, di antaranya Blue Ribbon Award sebagai Aktor Terbaik untuk peran jahat.

Terakhir, Arigato Award jatuh ke tangan raja para monster Godzilla, karakter yang terkenal di dunia selama lebih dari 60 tahun terakhir. Karakter ikonik ini pertama muncul di film berjudul sama "Godzilla" yang dirilis pada 3 November 1954.

Sang monster pun tampil di 29 film yang diproduksi oleh Toho, dan berhasil menggalang lebih dari 100 juta penonton di Jepang. Setelah vakum selama 12 tahun, karakter tersebut kembali lewat "Shin Godzilla" yang rilis pada 29 Juli 2016.

Kepopulerannya pun menembus Hollywood, menjadikannya satu-satunya karakter dari Jepang yang diabadikan di Hollywood Walk of Fame.

Seremoni pemberian Arigato Award akan dilaksanakan pada hari terakhir pelaksanaan Festival Film Internasional Tokyo ke-29 pada 3 November mendatang di EX Theater Roppongi.

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016