Liverpool (ANTARA News) - Klub sepakbola Liverpool berhasil meraih kemenangan tipis 2-1 atas West Bromwich Albion (WBA) dalam laga lanjutan pekan kesembilan Liga Utama Inggris (Premier League) di Stadion Anfield, Minggu dini hari WIB.

Meski demikian, Liverpool harus merelakan posisi puncak klasemen yang sempat mereka jejaki di tengah-tengah laga lantaran hanya berhasil meraih kemenangan dengan selisih satu gol saja.

Tim besutan Juergen Klopp itu kini mengoleksi 20 poin, setara dengan Arsenal (20) yang berada di puncak klasemen sementara, namun hanya menempati urutan kedua lantaran kalah dalam urusan agregat gol. Sementara itu WBA (10) melorot di urutan ke-13.

Liverpool sebetulnya tampil sangat dominan sepanjang laga, dengan 68 persen penguasaan bola dan 21 kali percobaan tembakan, yang hanya tujuh di antaranya menemui sasaran.

Sadio Mane membuka keunggulan Liverpool pada menit 20 setelah serangan apik yang diawali Philippe Coutinho berhasil diakhiri dengan tendangan mendatar penyerang asal Senegal tersebut. 

Bola yang dikirimkan Coutinho berhasil diteruskan Emre Can ke sisi kiri tempat Roberto Firmino berlari, Firmino segera mengangkat bola ke sisi berlawanan yang gagal diantisipai Nyom sehingga diselesaikan oleh Mane ke tiang jauh.

Dua peluang dari Can dan Adam Lallana pada menit 26 dan 30 tak membuahkan hasil, sebelum akhirnya Coutinho menggandakan keunggulan Liverpool pada menit 35 setelah menusuk ke dalam usai menerima umpan Mane dan mencetak gol dengan tendangan ke arah tiang dekat dalam sudut sempit.

Usai turun minum, pasukan arahan Tony Pulis merapatkan lagi disiplin pertahanan mereka sehingga upaya Coutinho memperbesar keunggulan pada menit 48 berhasil dihalau kaki Craig Dawson.

Menit 58 penjaga gawang Ben Foster melakukan penyelamatan gemilang atas bola tandukan Dejan Lovren menyambut tendangan bebas Coutinho yang hampir memperbesar keunggulan Liverpool.

Pada menit 67, giliran Jonas Olsson yang melakukan halauan dengan kakinya atas bola tendangan Can.

WBA memperkecil ketertinggalan pada menit 81 lewat situasi sepak pojok yang gagal diantisipasi dengan baik oleh Liverpool, bola jatuh di ruang tembak Gareth McAuley yang berdiri bebas di depan gawang dan tanpa alpa mencetak gol untuk memantik semangat juang rekan-rekannya.

Hingga peluit tanda laga usai berbunyi, Liverpool memperoleh tak kurang dari tiga peluang untuk membunuh pertandingan lebih dini melalui Mane, Firmino dan Georginio Wijnaldum, namun dua di antaranya kandas di tangan Foster, sementara sepakan Wijnaldum tipis menyamping dari sasaran.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Utama Inggris:

Liverpool (4-3-3): Loris Karius (PG); Nathaniel Clyne, Joel Matip, Dejan Lovren, James Milner; Adam Lallana (Georginio Wijnaldum), Jordan Henderson, Emre Can; Sadio Mane (Divock Origi), Roberto Firmino, Philippe Coutinho (Lucas Leiva).
Pelatih: Juergen Klopp.

West Bromwich Albion (4-2-3-1): Ben Foster (PG); Craig Dawson, Gareth McAuley, Jonas Olsson, Nyom; Darren Fletcher, Claudio Yacob (Chris Brunt); Matt Phillips (James Morrison), Nacer Chadli, James McClean (Hal Robson-Kanu); Salomon Rondon.
Pelatih: Tony Pulis.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016