Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 16.000 peserta mengikuti lomba Mandiri Jakarta Marathon 2016 yang berawal dan berakhir di Silang Monas Barat Daya, Jakarta, Minggu.

Di antara mereka ada 2.500 orang yang mengikuti lomba kategori maraton penuh, 3.500 peserta separuh maraton, 4.500 peserta 10K, dan 5.500 peserta 5K.

Selain itu ada 300 pelari kelompok anak usia tujuh dan delapan sampai sepuluh tahun yang mengikuti lomba lari Maratoonz.

Direktur Balapan Iye Rohadian mengatakan penyelenggara juga memberi kesempatan kepada dua orang berkebutuhan khusus untuk berkompetisi di kategori maraton penuh dan 5K.

Jumlah keseluruhan peserta Jakarta Marathon tahun ini naik 60 persen dibandingkan dengan penyelenggaraan pertama tahun 2013, yang diikuti 10.000 orang.

Rute lomba lari yang dimulai pukul 05.00 WIB itu melewati beberapa tempat wisata dan gedung-gedung penting di Ibu Kota seperti Kawasan Kota Tua, Lapangan Museum Fatahillah, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, dan Bundaran Hotel Indonesia.

"Kami ingin meningkatkan peran aktif dan mendukung upaya pemerintah dalam memperluas basis calon-calon olahragawan dan memperkuat akselerasi pembangunan ekonomi masyarakat," kata Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016