Madrid (ANTARA News) - Real Madrid berhasil menduduki puncak klasemen sementara La Liga Spanyol setelah mengalahkan Athletic Bilbao dengan skor 2-1 dalam laga lanjutan pekan kesembilan di Stadion Santiago Bernabeu, Senin pagi WIB.

Kemenangan tersebut memberi tiga poin tambahan bagi tim besutan Zinedine Zidane yang kini mengemas 21 poin tersebut sekaligus menggusur Sevilla (20) yang sempat memuncaki klasemen beberapa jam sebelumnya.

Sementara kekalahan tersebut tak membuat posisi Bilbao (15) beranjak dari peringkat keenam klasemen sementara.

Karim Benzema dan Alvaro Morata menjadi pencetak gol kemenangan Madrid atas Bilbao, sementara tim tamu membalas lewat Sabin.

Madrid tampil dominan dengan 65 persen penguasaan bola sepanjang laga dengan 24 percobaan tembakan yang delapan di antaranya menemui sasaran.

Cristiano Ronaldo dkk hanya membutuhkan waktu tujuh menit untuk membuka keunggulan lewat gol yang dicetak Benzema di tengah upaya tim tamu memulai pertandingan dengan baik.

Umpan jauh Marcelo berhasil disambut Isco di dalam kotak penalti, sebelum diteruskannya kepada Benzema yang berdiri cukup bebas tanpa kawalan dan melepaskan tendangan menaklukkan penjaga gawang Gorka Iraizoz.

Namun, Bilbao menyamakan kedudukan pada menit 27 setelah aksi Inino Lekue di sisi kanan diakhiri umpan tarik yang sempat dipantulkan Eraso ke ruang tembak Sabin yang berdiri bebas dan dengan mudah menaklukkan penjaga gawang Keylor Navas demi mengubah skor menjadi 1-1.

Serangan demi serangan dilakukan Madrid untuk merebut kembali keunggulan, namun mereka harus menunggu hingga menit 83 setelah Morata, yang baru masuk pada menit 75 menggantikan Benzema, mencetak gol kemenangan untuk tuan rumah.

Morata menyambut umpan silang Gareth Bale dengan mengendalikan bola mengecoh Aymeric Laporte sebelum melepaskan tendangan yang tak bisa diantisipasi sempurna Iraizoz, mantan penyerang Juventus itu menyambar bola muntah tanpa kesulitan demi mengubah kedudukan menjadi 2-1 untuk Madrid.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi La Liga Spanyol:

Real Madrid (4-3-3): Keylor Navas (PG); Daniel Carvajal, Pepe, Raphael Varane, Marcelo; Mateo Kovacic, Toni Kroos, Isco (Lucas Vazquez); Gareth Bale, Karim Benzema (Alvaro Morata), Cristiano Ronaldo
Pelatih: Zinedine Zidane

Athletic Bilbao (4-2-3-1): Gorka Iraizoz (PG); Inino Lekue, Etxeita, Aymeric Laporte, Enric Saborit (Iker Muniain); Mikel San Jose, Mikel Rico; Inaki Williams, Eraso, Raul Garcia (Iturraspe); Sabin (Markel Susaeta)
Pelatih: Ernesto Valverde

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016