Parc des Princes (ANTARA News) - Duel akbar bertajuk Derbi Prancis atau Le Classique yang mempertemukan klub ibukota Paris Saint-Germain (PSG) melawan Olympique Marseille berakhir antiklimaks dengan skor akhir imbang 0-0 di Stadion Parc des Princes, Minggu malam waktu setempat atau Senin pagi WIB.

Hasil imbang ini membuat Paris Saint-Germain tertahan di peringkat tiga klasemen sementara Liga Utama Prancis (Ligue 1) dengan 20 poin, adapun Marseille naik satu tingkat ke posisi 11 dengan perolehan 13 poin.

Pada jalannya pertandingan yang diiringi hujan dengan suhu sembilan derajat celcius, kubu PSG mendapat suntikan tenaga dari puluhan ribu suporter yang hadir di Parc des Princes sejak Minggu petang.

Pasukan Unai Emery pun memulai laga dengan baik dengan formasi 4-2-3-1 di mana Edinson Cavani dan Angel Di Maria dan Lucas Moura menjadi tumpuan serangan PSG.

PSG sangat dominan pada 15 menit awal pertandingan. Cavani dan kolega kerap membangun serangan dari sisi kiri dan kanan melalui dua full-back Maxwell dan Aurier namun tidak berbuah peluang matang.

Salah satu peluang PSG tercipta saat tendangan bebas Angel Di Maria disambut sundulan Edinson Cavani, namun bola tidak akurat mengarah ke gawang pada menit 35.

Satu menit kemudian, para pemain bertahan Marseille tidak sigap menahan serangan yang dilancarkan Aurier dari sisi kanan. Namun saat Aurier berhasil masuk ke koyak penalti, sepakannya berhasil diamankan kiper Marseille. Skor 0-0 bertahan hingga interval babak pertama.

Pada babak kedua, PSG bermain lebih sabar dengan mengalirkan bola dari kaki ke kaki mulai dari belakang ke depan dengan Thiago Motta sebagai pengatur tempo permainan.

Diiringi sorak-sorai pendukung di stadion, PSG tetap mendominasi jalannya pertandingan babak kedua.

PSG memiliki variasi serangan saat pelatih Unai Emery memasukkan Blaise Matuidi dan Jese Rodriguez pada pertangahan babak kedua.

Jese yang baru satu menit masuk ke lapangan menunjukkan kebolehannya dengan mengirimkan umpan kepada Cavani, sayang upaya pemain asal Uruguay itu digagalkan bek Marseille.

Menjelang laga selesai, PSG memiliki dua peluang matang dari sepakan Cavani dan Matuidi. Namun upaya dua pemain itu tidak berbuah gol sehingga skor 0-0 bertahan hingga laga usai.

Menurut data statistik di lokasi, PSG unggul 69,8 persen berbanding 30,2 persen penguasaan bola dari Marseille. PSG bahkan melepaskan 17 sepakan, sementara Marseille yang bermain bertahan total tidak satu pun melepaskan sepakan ke gawang.

Kendati imbang, namun supoter PSG yang memadati stadion tetap bernyanyi sejak awal hingga laga berakhir terutama kelompok suporter yang berada di sisi kiri dan kanan stadion, demikian diwartakan langsung dari Parc des Princes.

Susunan pemain:

PSG (4-3-3): Areola; Aurier, Marquinhos, Thiago Silva, Maxwell; Verratti, Motta, Rabiot; Lucas, Cavani, Di Maria.
Cadangan: Trapp, Krychowiak, Meunier, Matuidi, Kurzawa, Ben Arfa, Jese.
Pelatih: Unai Emery

Marseille (3-4-1-2): Pele; Fanni, Rolando, Doria; Sakai, Anguissa, Diarra, Bedimo; Thauvin; Gomis, N'Jie.
Cadangan: Samba, Rekik, Hubocan, Sarr, Leya, Machach, Lopez.
Pelatih: Rudi Garcia

Video:

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016