Cirebon (ANTARA News) - Dua Puskesmas di Cirebon, yakni Puskesmas Palimanan dan Puskesmas Plumbon didatangi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam acara kunjungan kerja terkait Program IVA Tes dan Sadanis.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama istri-istri Menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam OASE Kabinet Kerja meninjau dua Puskesmas di Cirebon, Senin.

Iriana mendatangi Puskesmas Palimanan dan berdialog dengan masyarakat yang mengikuti IVA tes dan Sadanis.

Tidak berselang lama, Ibu Negara mengunjungi Puskesmas Plumbon dan melakukan hal serupa.

Ratusan masyarakat di Cirebon berkerumun di sekitar lokasi Puskesmas untuk dapat mengabadikan momen kehadiran Ibu Negara di daerah mereka.

Buku-buku bertuliskan Ayo Belajar, Belajar, Belajar, juga dibagikan kepada para siswa yang turut menyambut kedatangan Ibu Negara.

Untuk para ibu, Iriana didampingi istri Wakil Presiden Mufidah Kalla membagikan batik yang dikemas khusus.

Di Puskemas Palimanan dan Plumbon, Ibu Negara berdialog dengan para ibu yang hadir untuk mengikuti IVA Tes dan Sadanis.

IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) Tes dan Sadanis (Pemeriksaan Payudara Klinis) merupakan salah satu program Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja yang didukung oleh BPJS.

Dua Puskesmas yang didatangi oleh Ibu Negara merupakan dua di antara 10 Puskesmas yang melaksanakan IVA dan Sadanis di Kabupaten Cirebon.

Banyak pihak berharap dukungan dan perhatian Ibu Negara terhadap program deteksi dini tersebut dapat meningkatkan cakupan serta capaian deteksi dini di Kabupaten Cirebon dan Indonesia pada umumnya.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2016