Helsinki (ANTARA News) - Asosiasi Outdoor Finlandia mengakui permainan ponsel populer Pokemon Go sebagai ide latihan fisik terbaik tahun ini.

Asosiasi tersebut mengatakan, Pokemon Go telah mencapai keberhasilan segera setelah dirilis di Finlandia pada Juli 2016, demikian disampaikan lembaga penyiaran Finlandia Yle, dilansir Xinhua, Senin (24/10).

Dalam prakteknya, permainan tersebut mendorong ratusan ribu warga Finlandia untuk pergi ke luar ruangan, karena permainan asal Amerika Serikat ini mengharuskan para pemainnya ke luar ruangan untuk mencari dan menangkap karakter virtual baru.

Dengan demikian, akan terjadi banyak gerakan pada kaki.

Permainan itu juga membuat semua generasi berkumpul, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua turut menikmati udara segar di luar rumah.

Penghargaan ini diberikan kepada komunitas Pokemon Go Finlandia, yang berjumlah lebih dari 25.000 pemain di Facebook.

Asosiasi Outdoor Finlandia mengeluarkan penghargaan setiap tahun kepada individu atau organisasi yang menginspirasi Finlandia untuk berpartisipasi lebih aktif dalam latihan fisik.

Dirilis secara global Juli 2016, Pokemon Go yang dikembangkan oleh Niantic, perusahaan pengembang perangkat lunak yang berbasis di San Francisco, untuk perangkat iPhone dan Android.

Permainan ini memungkinkan pemainnya untuk menangkap makhluk virtual bernama Pokemon, melatih dan bertempur pada layar ponsel, seolah-olah berada di dunia nyata.

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016