Jakarta (ANTARA News) - Personel Polda Metro Jaya siap mengawal tiga pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur yang akan bersaing pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI pada 2017.

"Pengawalan dilakukan setelah ditetapkan KPU DKI," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombespol Awi Setiyono di Jakarta, Selasa.

Awi menyebutkan polisi akan menjaga ketiga pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur secara melekat dengan 13 personil setiap calon.

Petugas pengawal itu terdiri dari Direktorat Intelkam, Satuan Brimob, Direktorat Lalu Lintas dan Direktorat Pengamanan Obyek Vital Polda Metro Jaya.

Awi mengatakan petugas pengamanan berbagi peran seperti pengawalan melekat berpakaian preman dan "Voorijder" untuk mengawal kendaraan.

Awi mengungkapkan, polisi akan mengawal pasangan calon kepala daerah itu sejak ditetapkan KPU DKI Jakarta hingga pelantikan Oktober tahun depan.

Polisi juga akan menjaga keluarga dan kediaman para calon kepala daerah guna mengantisipasi ancaman atau teror.

KPU DKI telah menetapkan tiga pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur yakni Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot), Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni (Agus-Sylviana) dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandiaga).

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016