Vientiane (ANTARA News) - China dan Laos untuk pertama kalinya akan menggarap sebuah film bersama, yang diberi judul "Champa Blossoms", menurut kabar yang disampaikan pada suatu jumpa pers di Vientiene, Selasa.

"Champa Blossoms" bercerita tentang percintaan yang indah antara warga negara Laos dan warga China. Film itu akan menggambarkan hubungan bersahabat antara China dan Laos serta menunjukkan alam dan kebudayaan kedua negara yang menakjubkan, kata Vithoun Soundara. Soundara adalah direktur jenderal sementara Departemen Perfilman, yang berada di bawah Kementerian Informasi, Kebudayaan dan Pariwisata Laos, lapor Xinhua.

Menjadi produser bersama bagi film tersebut merupakan wujud penting upaya yang diusung Laos dan China dalam memajukan persahabatan dan kerja sama budaya kedua negara, ujarnya.

Menurut Wakil Menteri Informasi, Kebudayaan dan Pariwisata Laos, Bouangeun Xaphouvong, Laos dan China telah melakukan pencapaian yang memuaskan di berbagai bidang.

Pada aspek kebudayaan, ujarnya, kedua negara telah memiliki proyek-proyek kerja sama dalam bidang industri film, termasuk pembuatan film secara bersama dan penyelenggaraan pekan film di Laos.

Bentuk-bentuk kerja sama itu telah memberikan sumbangan besar bagi pengembangan tradisi persahabatan Laos dengan China serta kemitraan kerja sama strategis yang menyeluruh, kata Bouangeun.

"Kita akan berusaha meghasilkan babak sempurna persahabatan China-Laos dan akan mematuhi hukum yang berlaku di Laos beserta budaya dan tradisi (negara itu) selama pembuatan film ini," kata Zhou Yan, produser film China.
(Uu.T008)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016