Paris (ANTARA News) - Paris merupakan salah satu kota terindah di dunia yang menjadi tujuan wisata banyak orang dari seluruh penjuru dunia.

Paris menjadi tujuan wisata karena kota ikonik Menara Eiffel ini menawarkan beragam wisata mulai dari tamasya romantis, berbulan madu, mengunjungi tempat bersejarah, wisata olah raga, hingga melanjutkan studi. Tidak hanya itu, kota mode ini juga menjadi tujuan utama wisata belanja bagi kalangan berduit.

Namun bagi Anda yang berkesempatan mengunjungi Paris sebagai wisatawan backpaker atau dalam tugas pekerjaan sehingga tidak membawa banyak uang, ada beberapa lokasi di Paris yang bisa menjadi tujuan berbelanja dengan harga murah untuk membeli makan dan oleh-oleh.

ANTARA News mengunjungi Paris dalam rangka Paris Saint-Germain (PSG) Media Tour 2016 berkesempatan menginap selama lima hari di kawasan Molitor, dekat dengan Stadion Parc des Princes, Paris.

Kawasan Parc des Princes kental dengan nuansa wisata olah raga. Selain karena menjadi markas klub sepak bola PSG serta lokasi pertandingan Piala Eropa 2016, kawasan ini berdiri lapangan tenis Roland Garros yang legendaris.

Jadi, bagi Anda yang berminat membeli oleh-oleh berhubungan dengan olah raga di Paris, Anda bisa mengunjungi Megastore yang terdapat tepat di seberang stadion Parc des Princes. Mulai dari pakaian hingga pernak-pernik sepak bola terdapat di toko itu dengan harga mulai dari 10 euro hingga ratusan euro.

Namun jika Anda ingin oleh-oleh kota Paris yang lebih murah. ANTARA News punya pilihan lain yaitu di Jalan Rue au Maire yang terletak dekat dengan kawasan Temple dan Sebastopol, Paris.

Naik kereta Metro

Untuk menjangkau jalan Rue au Maire, Anda bisa menumpang kereta Metro dengan tujuan Stasiun Arts et Metiers. Adapun biaya tiket semua tujuan berlaku flat sebesar 1,9 euro untuk sekali naik.

Siapkan uang koin pecahan 2 euro untuk membeli tiket di anjungan tiket otomatis. Jika Anda menggunakan uang kertas dengan pecahan besar, maka kembalian yang Anda terima adalah uang logam pecahan mulai dari 2 euro hingga pecahan sen.

Kereta Metro di Paris memiliki 16 Line dan 300 stasiun yang saling terhubung sehingga Anda hanya perlu mengetahui stasiun transit yang menghubungkan lokasi keberangkatan Anda dengan Stasiun Arts et Metiers.

ANTARA News naik dari Stasiun Michel-Ange Molitor atau Line 9 dengan rute utama Pont de Sevres menuju Mairie de Mintreuil. Untuk menuju Stasiun Arts et Metiers, diperlukan transit di Stasiun Saint Lazare kemudian naik kereta Line 3 rute Gailleni kemudian turun di Arts et Metiers, atau satu stasiun sebelum Reaumur Sebastopol.

Kendati kereta ini muncul setiap 5 menit sekali, namun penumpangnya selalu ramai terutama pada siang hari termasuk pada hari Sabtu dan Minggu.

Tiba di Arts et Metiers, Anda keluar menuju jalan Rue Beaubourg di mana sepanjang jalan itu banyak pertokoaan, mulai dari pakaian, makanan hingga otomotif. Di sekitar Arts et Metiers Anda tidak akan kesulitan menemukan toko-toko cenderamata yang berdiri berdampingan dengan restoran atau kedai kopi.

Bagi yang ingin membeli dengan jumlah banyak dan murah, Anda bisa langsung menuju jalan Rue au Maire yang banyak berdiri rumah makan khas China.

ANTARA News melihat ada tiga toko oleh-oleh murah di Rue au Maire, namun pada hari hari libur atau Minggu hanya ada satu toko tanpa plang nama yang buka selama satu jam mulai dari pukul 11.00 sampai 12.00 siang. Toko yang tepat berdiri di bangunan kedua sebelah kiri setelah perempatan Rue au Maire itu selalu terlihat ramai oleh pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh.

Murah, boleh ditawar


ANTARA News membandingkan harga cinderamata yang dijajakan di Jalan Rue au Maire ternyata lebih murah dibandingkan benda yang dijual di sekitar Menara Eiffel dan Notre Dame.

Jika miniatur Menara Eiffel yang dijual di dua lokasi ikonik tersebut umumnya dijual seharga 5 euro, Anda bisa membeli benda serupa dengan harga 3 euro di toko sekitar Rue au Maire.

Tas-tas jinjing dengan tulisan Paris dijual mulai 4 euro, sementara di sekitar Notro Dame dijual 5 euro. Gantungan kunci pun dijual 5 sampai 7 euro untuk satu kantung berisi 50 buah, lebih murah 1 sampai 2 euro dibandingkan tempat lain.

Magnet kulkas yang jarang dijual di sekitar Eiffel, bisa ditemukan di tempat ini dengan harga 1,5 sampai 2 euro. Anda bahkan bisa menawarnya apabila membeli dengan jumlah banyak. Namun jangan terlalu menjatuhkan harga jika menawar karena menurut penjual, harga di toko itu sudah paling murah dibandingkan toko lain.

Di pertokoan sekitar Rue au Maire juga terdapat benda-benda unik dengan ciri khas warna bendera Prancis antara lain payung, topi, taplak meja, sarung tangan, stiker, jam weker, casing ponsel, dan banyak lagi.

Di sisi lain, penjual di jalan Rue au Maire umumnya tidak terlalu fasih berbahasa Inggris dibandingkan dengan pedagang di sekitar Notre Dame dan Eiffel. Selain itu, pertokohan di Rue au Maire umumnya tutup pada hari Minggu kendati ada beberapa yang tetap buka walaupun hanya siang hari.

Puas membeli oleh-oleh, Anda juga bisa menikmati kuliner dengan harga yang terjangkau. Jika di sekitar Eiffel satu porsi sandwich dijual sekitar 5 euro, di lokasi ini dengan harga yang sama Anda bisa mendapatkan sandwich serta minuman berupa jus atau teh.

Salah satu kemudahan dari lokasi ini adalah dekat dengan stasiun Kereta Metro, sehingga Anda lekas kembali ke hotel menumpang kereta setelah perut kenyang dan tas penuh dengan belanjaan.

Video:

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016