Jakarta (ANTARA News) - Malam pembukaan musim reguler NBA 2016/2017 diawali dengan rangkaian tiga pertandingan yang berlangsung di Cleveland, Portland dan Oakland pada Selasa (25/10) malam waktu setempat atau Rabu pagi WIB.

Hasil sedikit mengejutkan dialami dua finalis musim lalu, Cleveland Cavaliers dan Golden State Warriors. Cavaliers menang 117-88 atas New York Knicks, sementara Warriors tumbang di tangan San Antonio Spurs 100-129.

Laga pembuka di kandang sang juara, Quicken Loans Arena, diawali dengan upacara penyerahan cincin juara kepada para pemain Cavaliers serta diereknya spanduk juara ke langit-langit gedung olahraga tersebut yang disambut gemuruh sorak sorai para penonton.

Cavaliers memegang keunggulan jauh 21-8 di pengujung kuarter pertama, sebelum Knicks menyamakan kedudukan saat menutup kuarter kedua dengan skor 41-41. Namun, tuan rumah kembali menjauh 82-64 di akhir kuarter ketiga dan melaju mulus hingga mengalahkan Knicks 117-88.

LeBron James menyokong kemenangan Cavaliers dengan raihan triple-double lewat 19 poin, 11 rebounds dan 14 assist, sementara rekannya Kevin Love mencapai double-double dengan 23 poin dan 12 rebounds.

Sebaliknya di kubu Knicks, Derrick Rose melakoni laga debutnya di musim reguler bersama Knicks dengan raihan 17 poin setelah melantai selama 29 menit 35 detik.

Hasil buruk justru diraih Warriors, yang disebut-sebut mendapat kekuatan baru dengan masuknya Kevin Durant ke tim bertabur bintang tersebut. Warriors tumbang di tangan Spurs 100-129, lantaran 35 poin yang dikemas "forward" Kawhi Leonard.

Durant memang menyumbangkan poin terbanyak untuk Warriors, 27 poin, disusul Stephen Curry dengan 26 poin, namun hal itu belum cukup untuk menghindarkan tuan rumah dari kekalahan.

Tembakan tiga angka yang Jonathan Simmons menutup kuarter pertama dengan keunggulan 31-20, keunggulan tersebut terus dijaga oleh tim besutan Gregg Poppovich itu demi membungkam pendukung tuan rumah di Oracle Arena dan membawa pulang kemenangan 129-100.

Rekor Blazers berlanjut

Sementara itu di Moda Center, tuan rumah Portland Trail Blazers mempertajam rekor apik mereka di laga kandang pembuka musim yang selalu berakhir dengan kemenangan selama 16 musim beruntun.

Blazers berhasil mengalahkan Utah Jazz dengan skor 113-104 berkat 39 poin yang dicetak sang bintang, Damien Lillard. Sedangkan di kubu Jazz poin terbanyak disumbangkan oleh Joe Johnson dengan raihan 29 poin.

Pertandingan berjalan cukup ketat dengan skor imbang 26-26 menutup kuarter pertama, sebelum Blazers meraih keunggulan 54-46 di pengujung kuarter kedua.

Jazz membalikkan keadaan dan memegang keunggulan 83-77 saat mengakhiri kuarter ketiga dengan tembakan dua angka dari Lyles. Jazz bahkan masih memegang keunggulan 102-99 lewat "three-point play" Johnson di siswa waktu pertandingan empat menit 24 detik.

Namun lima poin beruntun yang dicetak McCollum berhasil membalikkan keadaan menjadi 104-102 untuk Blazers di sisa waktu pertandingan dua menit 53 detik. Sejak itu tuan rumah melenggang hingga meraih kemenangan 113-104 atas Jazz.

Berikut hasil rangkaian laga pembuka NBA, Rabu WIB, seturut laman resmi NBA (tuan rumah disebut pertama, pemenang dicetak tebal):

Cleveland Cavaliers 117 - New York Knicks 88
Golden State Warriors 100 - San Antonio Spurs 129
Portland Trail Blazers 113 - Utah Jazz 104

Jadwal pertandingan Kamis (27/10) WIB

Indiana Pacers vs Dallas Mavericks
Orlando Magic vs Miami Heat
Boston Celtics vs Brooklyn Nets
Toronto Raptors vs Detroit Pistons
Milwaukee Bucks vs Charlotte Hornets
Memphis Grizzlies vs Minnesota Timberwolves
New Orleans Pelicans vs Denver Nuggets
Philadelphia 76ers vs Oklahoma City Thunder
Phoenix Suns vs Sacramento Kings
Los Angeles Lakers vs Houston Rockets.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016