Kuala Lumpur (ANTARA News) - Tempat tinggal Tenaga Kerja Indonesia (TKI), yang biasa disebut kongsi, di Precinct 17 Kampung Limau Manis, Kawasan Konstruksi Putra Jaya, Malaysia, terbakar Selasa (25/10) siang.

"Kebakaran kongsi terjadi siang hari di kawasan konstruksi Weststar. Kongsi dihuni pekerja asing berbagai negara di mana terdapat sekitar 60 TKI, mayoritas asal Madura. Tidak ada korban jiwa atau luka-luka," kata Konsuler KBRI Kuala Lumpur Yusron B Ambary, Rabu.

Yusron, yang juga bagian Satuan Tugas Perlindungan WNI KBRI Kuala Lumpur, mengatakan petugas KBRI sudah turun ke lokasi dan memberikan bantuan logistik darurat berupa bahan makanan, pakaian dan alat masak kepada TKI yang tempat tinggalnya terbakar.

"Satgas juga akan membantu beberapa korban yang kehilangan dokumen," katanya.

Polisi dan pemadam kebakaran Malaysia masih menyelidiki penyebab kebakaran itu.

"Kebakaran kongsi kerap terjadi siang hari saat para TKI bekerja. Pada 31 Agustus lalu juga terjadi kebakaran di daerah Semenyih," kata Yusron.

Komunitas warga Indonesia di Malaysia berusaha menggalang bantuan untuk para TKI yang menjadi korban kebakaran di Putra Jaya.

"Kami membuka tabung peduli kebakaran Putra Jaya untuk meringankan beban saudara-saudara kita di sana," ujar Koordinator My WNI Peduli, Agus Purwanto.

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016