Dalam hal ini, selain sosok yang berpendidikan diperlukan juga pemimpin yang berintegritas, bersih, dan dapat berkomunikasi dengan baik bersama masyarakat
Jakarta (ANTARA News) - Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan seorang pemimpin memiliki tugas yang sama dengan seorang pendidik, salah satunya dalam memberikan keteladanan.

"Dari kata-kata dan perbuatan pemimpin ada pendidikan, di situ ada contoh yang bisa diambil oleh anak-anak. Itulah alasan kenapa pemimpin juga menjadi pendidik. Mereka harus memberikan keteladanan," kata Anies di Pasar Minggu, Jakarta, Rabu.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga menilai setiap pemimpin mempunyai tanggung jawab membangun karakter generasi muda serta masyarakat di daerah kepemimpinannya.

Terkait dengan itu, Anies mengungkapkan dirinya serta pasangannya di Pilkada serentak mendatang, Sandiaga Uno, memiliki cita-cita mewujudkan masyarakat Ibu Kota yang beradab.

"Dalam hal ini, selain sosok yang berpendidikan diperlukan juga pemimpin yang berintegritas, bersih, dan dapat berkomunikasi dengan baik bersama masyarakat," tambahnya.

Dengan adanya hubungan yang baik antara pemimpin dan masyarakat, kelak diharapkan Jakarta dapat menjadi kota yang nyaman, santun, dan bersih, tutur Anies.

Terdapat tiga pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta pada Senin, untuk mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017.

Ketiga pasangan tersebut adalah Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat yang diusung PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Golkar dan Partai Hanura.

Kemudian, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni yang diusung Partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN serta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang diusung Partai Gerindra dan PKS.

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016