Gorontalo (ANTARA News) - Banjir bandang yang terjadi di Provinsi Gorontalo meliputi lima kabupaten/kota yakni Kabupaten Gorontalo, Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Bone Bolango.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Kabupaten Gorontalo Utara, Nurdin Humolungo mengatakan banjir di wilayah itu terjadi pada Rabu (26/10) di Kecamatan Sumalata yang terdiri dari Desa Hutokalo dengan korban 20 Kepala Keluarga (KK) atau 86 jiwa, Desa Kasia 22 KK atau 93 jiwa, Desa Mebongo 10 KK atau 42 jiwa.

Sedangkan di Kecamatan Suwawa Timur terjadi di Desa Motihelumo satu rumah yang tertimpa pohon tumbang, sementara di Desa Bulontio Timur dilaporkan dua ekor sapi mati terseret arus air, beras enam ton dan 75 karung padi di gudang serta tanaman jagung milik warga terendam air.

"Di Gorontalo Utara tidak ada korban jiwa. BPBD telah memberikan paket makanan kepada korban," ujarnya.

Kepala BPBD Boalemo, Mus Moha mengatakan banjir bandang melanda Desa Harapan dengan 300 rumah terendam, Desa Dulohupa 75 rumah, dan Desa Sukamaju 90 rumah.

"Data sementara sawah yang rusak akibat banjir di Boalemo 630 hektar dan lima ekor sapi terbawa arus," ujarnya.

Banjir juga dilaporkan merendam rumah warga di Kecamatan Paguyaman yakni Desa Rejonegoro 5 rumah, Desa Mustika 53 rumah, Wonggahu 10 rumah, dan Wonosari dengan korban 100 KK.

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Gorontalo Doni Lahatie mengatakan banjir di daerah itu meliputi Kecamatan Limboto, Limboto Barat, Tolangohula, Tibawa, Asparaga, Bilato, Dungaliyo, Tilango dan Boliyohuto.

Jumlah korban banjir di wilayah itu tercatat 9.686 jiwa atau 2.904 KK, dan BPBD telah mendirikan dapur umum untuk memasok kebutuhan makanan siap saji bagi korban banjir di lokasi evakuasi maupun yang masih beada di rumah.

Untuk Kota Gorontalo, luapan air Sungai Bulango merendam sejumlah rumah warga di Kelurahan Siendeng dan Kelurahan Biawu.

"Air mulai naik sejak hujan deras semalam. Hingga pukul 18.00 Wita air sudah surut di sebagian rumah, namun di rumah warga lainnya masih tergenang," ungkap Oci, salah seorang warga Biawu.

Di sisi lain, Rumah Sakit Aloei Saboe (RSAS) di Kota Gorontalo menerima sekitar 49 pasien yang dirujuk oleh Rumah Sakit Dunda di Kabupaten Gorontalo akibat terendam banjir.

Di Kabupaten Bone Bolango, banjir terjadi di bantaran sungai di Kecamatan Bulango Utara yang meliputi Desa Tupa, Desa Kopi dan Desa Lomaya.

Pemerintah setempat telah menyalurkan bantuan untuk warga yang terdampak banjir di lokasi tersebut.

Pewarta: Debby Mano
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016