Jakarta (ANTARA News) - Mantan atlet renang asal Sumatera Utara, Brian Howard (31) membagikan resep bagi anda yang ingin belajar berenang sekaligus mengenyahkan rasa takut pada air.

Hal pertama yang perlu dikuasai adalah teknik pernafasan. Menurut pelatih renang atlet paralimpik Sumatera Utara itu, mereka yang awam cenderung tak mengatur pernafasannya. Padahal, hal ini bermanfaat mencegah sistem sarafnya mengalami kepanikan saat kali pertama terjun ke air.

"Teknik pernafasan paling penting. Kalau seorang pelatih mengajarkan itu yang paling pertama itu teknik pernafasan dia (yang diajarkan)," tutur dia kepada ANTARA News beberapa waktu lalu.

"Karena banyak orang awam, sekali turun ke air, buru-buru dia takut. Sistem sarafnya panik. Setelah itu dia sudah enggak ngatur pernafasannya," imbuh Brian.

Kemudian, bagi mereka yang takut pada air, Brian menyarankan mengatur pikirannya agar lebih tenang dan mencoba berdamai dengan air.

"Kalau bisa sama air harus lebih tenang. Karena air, harus rileks dalam air. Banyak orang berenang, keras ya pak puk pak puk, tetapi sebenarnya kalau dia punya feeling sama airnya ada, dia akan lebih bersahabat dengan kita," tutur dia.

Dia menambahkan, renang merupakan olahraga yang membutuhkan konsistensi dan pengulangan. Bila keduanya disiplin dilakukan, bukan tak mungkin anda bisa menjadi seorang perenang andal.

"Sederhana ya. Kalau renang itu masalah konsistensi dan pengulangan. Pengulangan harus mengerjakan apa yang diarahkan pelatih. Konsistensinya adalah harus bisa lakukan hal yang sama, membosankan," pungkas Brian.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016