Cirebon (ANTARA News) - Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Kota Cirebon, Jawa Barat, akan fokus memberantas praktik pungutan liar atau pungli yang terjadi di lembaganya.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cirebon, Taufiqurrahman di Cirebon, Kamis, mengatakan akan fokus untuk memberantas praktik pungli di lingkungannya dan itu juga merupakan intruksi dari pusat.

"Kami mendapatkan perintah dari pusat untuk fokus melawan praktik pungli, sebagaimana yang digaungkan oleh Presiden Jokowi," kata Taufiq.

Ia menuturkan pihaknya langsung melakukan sosialisasi kepada seluruh pegawainya setelah menerima intruksi dari Kemenkumham.

Tak hanya sosialisasi, pihaknya juga memberikan arahan kepada para pegawainya untuk memerangi praktik pungli.

"Kita juga memberikan arahan-arahan tegas agar tidak ada pungli dalam bentuk apapun," tuturnya.

Taufiq berharap, para pegawainya konsisten dalam memerangi pungli, selain itu, para warga binaan Lapas Kelas 1 Cirebon dan masyarakat yang menjenguk turut serta dalam memerangi pungli.

Ia dengan tegas akan menutup semua cela yang memungkinkan adanya pungli, baik dalam bentuk pelayanan maupun hak warga binaan.

"Kita akan perangi itu dan mengawasinya, seperti penerimaan kunjungan, penempatan kamar hunian para napi, atuapun hak-hak napi seperti remisi dan kita akan mengawasi terus agar tidak ada pungutan sama sekali," tambahnya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016