Kudus (ANTARA News) - Hisashi Ishimaki, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, perusahaan distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, mengatakan belum ada kesepakatan konkrit terkait rencana pengambil alihan model Small MPV Mitsubishi XM yang rencananya akan diproduksi di pabrik baru Mitsubishi di Cikarang, Jabar, mulai tahun depan.

"Sejauh ini belum ada kesepakatan konkrit antara kantor pusat Nissan dan kantor pusat Mitsubishi terkait hal itu," kata Ishimaki disela peresmian diler S3 khusus kendaraan penumpang Mitsubishi pertama di Kudus, Jawa Tengah, Kamis.

Lebih lanjut, Ishimaki menuturkan bahwa saat ini pembicaraan mengenai hal itu masih terus berlanjut di antara manajemen kantor pusat kedua perusahaan, di Jepang sana.

"Maka dari itu sebetulnya saya tidak di posisi yang tepat untuk membicarakan hal ini, karena pembicaraannya di Jepang," katanya.

"Namun yang bisa saya katakan saat ini adalah belum ada kesepakatan konkrit dari kantor pusat," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, pada 20 Oktober 2016 Mitsubishi Motors Corporation (MMC) merilis pernyataan pers dengan empat poin utama sebagai berikut:

  1. MMC akan menerima dukungan strategis, operasional dan manajemen dari Nissan.
  2. Sinergi manfaat untuk meningkatkan keuntungan dan pendapatan pemegang saham MMC.
  3. Pemimpin Utama sekaligus CEO Nisan, Carlos Ghosn, dinominasikan untuk menjadi chairman MMC bersama tiga direktur Nissan lainnya yang dicalonkan.
  4. Penunjukan jabatan strategis baru Direktur untuk Pengendalian Risiko Global.

Belakangan Nikkei Asian pada 25 Oktober 2016 melansir di bawah aliansi baru Renault-Nissan yang kini juga melibatkan Mitsubishi, Nissan akan menerima teknologi plug-in hibrida MMC.

Selain itu Nissan juga akan menjual mobil Small MPV baru keluaran Mitsubishi di bawah jenama Nissan di kawasan Asia Tenggara, wilayah yang selama ini menjadi batu sandungan Nissan dalam mengekspansi kehadirannya.

Small MPV Mitsubishi tersebut pertama kali diungkapkan versi konsepnya dengan nama XM Concept di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016 di ICE, BSD City, Tangerang, 11-21 Agustus 2016.

MMC bersama KTB membentuk perusahaan patungan, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, tengah membangun pabrik baru di Cikarang sebagai tempat pertama memproduksi Small MPV tersebut.
Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016