Toledo, Ohio (ANTARA News) - Calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump, mengkritik lawannya dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, tentang kebijakan perdagangan, dan Trump mengatakan Hillary akan menangani perjanjian perdagangan dengan sangat buruk.

Untuk itu, kata Trump, Amerika Serikat seharusnya "membatalkan saja pemilihan umum" dan mengumumkan dia sebagai pemenang.

Berbicara kepada para pendukungnya di Toledo, Ohio, Trump mengatakan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara yang ditandatangani oleh suami Hillary, mantan Presiden Bill Clinton, telah menyebabkan alih daya ribuan pekerjaan di Ohio ke Meksiko.

Trump bersumpah praktik untuk menghentikan praktik alih daya pekerjaan jika dia terpilih sebagai presiden AS pada 8 November.

"Kita hanya harus membatalkan pemilu dan memberikan kemenangan kepada Trump, kan? Bahkan apa perlunya kita menjalankan pemilihan? Kebijakannya (Hillary) sangat buruk," ujar Trump.

Trump mengatakan ia yakin Hillary akan berupaya meloloskan Kemitraan Trans Pasifik antara 12 negara, yakni kesepakatan perdagangan Asia yang ditandatangani Presiden Barack Obama, yang sekarang masih ditentang oleh Hillary.

Pernyataan Trump muncul setelah pengusaha New York itu mencoba untuk menstabilkan perolehan suaranya dalam jajak pendapat yang "berbatu", di tengah serangkaian kontroversi dan masalah yang muncul karena dirinya sendiri.

Trump telah berjuang untuk menangani dampak dari rilis video 2005 berjudul "Access Hollywood" yang menunjukkan dia berbicara di mikrofon terbuka tentang meraba-raba perempuan dan mencoba merayu wanita yang sudah menikah.

Video itu direkam hanya beberapa bulan setelah Trump menikah dengan istri ketiganya, Melania.

Trump mengatakan tindakan NBC yang merilis video itu "pasti ilegal" dan ia mungkin memilih untuk mengajukan tuntutan hukum terhadap perusahaan jaringan televisi itu setelah pemilu presiden AS.

Sejak rilis video itu, serangkaian perempuan menuduh Trump meraba-raba mereka atau mencium mereka tanpa persetujuan mereka. Trump menyebut tuduhan-tududan itu "benar-benar palsu".

Rata-rata dari hasil jajak pendapat terbaru RealClearPolitics menunjukkan bahwa Hillary Clinton secara nasional unggul di atas Trump hampir enam poin, yang didorong oleh penurunan dukungan di kalangan perempuan untuk pencalonan Trump.

Trump, tanpa bukti, telah menyalahkan jumlah suara jajak pendapatnya yang merosot pada pemilu yang ia anggap telah dicurangi. Dia sebelumnya mengatakan media telah mengatur jajak pendapat untuk meningkatkan suara untuk Hillary Clinton.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa penipuan pemilih dalam pemilu AS sangat langka, dan sejumlah tokoh terkemuka Partai Republik juga telah mengecam pernyataan Trump tentang sistem pemilu AS yang tidak sehat.

Sementara Trump berkampanye di Ohio, sebuah pesawat yang membawa pasangannya, Gubernur Indiana Mike Pence, tergelincir dari landasan pacu setelah mendarat di Bandara LaGuardia New York City pada Kamis malam. Namun, tidak ada korban luka, kata kampanye Pence.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016