Cikarang, Bekasi (ANTARA News) - PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek Cabang Bekasi, Jawa Barat mengumumkan mulai Selasa (1/11) gerbang tol otomatis (GTO) Senayan berlakukan sepenuhnya layanan transaksi elektronik.

"Pengguna jalan tol diharapkan telah menyiapkan e-Toll dengan memastikan kecukupan saldo sebelum memasuki GTO Senayan," kata Humas Jasa Marga Jakarta-Cikampek Cabang Bekasi, Iwan Aprianto di Kabupaten Bekasi, Jumat.

Menurut dia dalam pengaktifan GTO ini sudah dilakukan sosialiasi kepada masyarakat yang menggunakan jasa layanan jalan tol baik melalui media massa online maupun cetak.

Ini dilakukan guna mendukung kelancaran transaksi, petugas Jasa Marga akan menyiapkan pemberitahuan terkait pemberlakuan transaksi elektronik sepenuhnya di GTO Senayan.

Selain itu, kami juga menyiapkan pengaturan lalin untuk membantu pengguna jalan tol yang akan melalui GTO Senayan.

Namun khusus untuk Jalan Tol Dalam Kota, transaksi kartu pembayaran elektronik untuk sementara baru dapat menerima kartu yang diterbitkan oleh Bank Mandiri.

Ia menambahkan dalam penggunaan GTO ini mempermudah akses jalan masyarakat dalam menggunakan jalan tol.

Masyarakat tidak perlu khawatir lagi, dikarenakan secara penggunaan cukup menempelkan kartu yang sudah menjalin rekanan dengan Jasa Marga.

Selain itu penggunaan GTO juga merupakan kesadaran masyarakat dalam menjalankan mobilitas di ruas tol. Dan juga menghindari kemacetan yang biasa terjadi pada gerbang tol manual.

Lanjut Iwan menjelaskan transaksi di Gerbang Tol akan lebih cepat dan praktis dengan menggunakan e-Toll sebagai alat pembayaran.

Untuk melakukan pengisian ulang (top up) e-Toll, selain dapat dilakukan di ATM Bank Mandiri, dapat juga dilakukan di beberapa Gerbang Tol (GT) di Jalan Tol Dalam Kota seperti di GT Cililitan, GT Kapuk, GT Halim, GT Cengkareng serta outlet-outlet Indomaret.

Pewarta: Mayolus Fajar D
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016